BERITA TRANS PAGI



Oleh: Satrio Arismunandar

Pendahuluan

Berita Trans Pagi adalah salah satu program siaran berita Trans TV. Konsepnya kira-kira tak jauh berbeda dengan Berita Trans Petang, yang mementingkan perkembangan informasi terkini, yang akurat, informatif, berimbang, bermanfaat buat pemirsa, dan sedapat mungkin lengkap. Karena itu, gaya penyampaiannya lugas, walau sedapat mungkin tetap bertutur dan komunikatif.

Jika Berita Trans Petang menayangkan berbagai informasi yang terjadi pada siang harinya, maka Berita Trans Pagi menayangkan peristiwa yang terjadi pada malam harinya (dari pukul 18.00 sampai pukul 4.00 pagi keesokan harinya). Ini masih ditambah peristiwa siang hari yang masih relevan, dan sedapat mungkin diubah formatnya, atau lebih dilengkapi informasinya, agar tidak sama persis dengan Berita Trans Petang.

Di dalam tayangan Berita Trans Pagi, terdapat sisipan segmen Sportivo, yang berisi berita-berita olahraga dari dalam negeri dan mancanegara. Biasanya penggarapan materi untuk segmen Sportivo ini dilakukan oleh tim tersendiri, yang diamati langsung oleh Produser Eksekutif. Sedangkan penempatan materi beritanya diatur oleh Produser Program Berita Trans Pagi.

Jam Tayang:

Berita Trans Pagi ditayangkan selama 58 menit, sejak pukul 5.30 hingga 6.28 pagi setiap hari. Di dalamnya sudah termasuk commercial break. Ini adalah jam-jam ketika orang mau berangkat bekerja atau baru bangun tidur, sehingga format beritanya adalah tidak terlalu berat, tetapi informatif dan berguna, untuk mengisi aktivitas pada siang harinya.

Sasaran:

Sasaran Umum:

Sasaran Berita Trans Pagi adalah penonton Trans TV dengan segmentasi khusus, yaitu A, B, dan C. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi pemirsa potensial lainnya.

Sasaran Khusus:

Sasaran khusus Berita Trans Pagi adalah kalangan terpelajar atau berpendidikan, juga karyawan dan pekerja. Tidak terkecuali, apakah ia perempuan atau laki-laki.

Rundown:

Rundown terbagi dalam enam segmen dengan lima potongan commercial break. Masing-masing segmen berisi dua sampai enam paket berita. Panjang durasi berita sangat bervariasi, mulai dari bentuk VO (Voice Over) sederhana yang cuma 30 detik sampai paket lengkap 4,5 menit. Tetapi rata-rata panjang tiap paket berita adalah 1,5 menit sampai 2 menit. Setiap kali on air berisi sampai 27 paket berita. Taksiran total durasi di luar commercial break adalah sekitar 50 menit.

Rancangan Rundown Selama 58 menit:

Segmen 1 : Berita aktual berskala nasional/internasional
Pukul : 5.30 – 5.38 WIB (8 menit)

Materi untuk segmen 1 adalah peristiwa aktual yang terjadi pada semalam, yang berskala nasional/internasional, atau dampaknya dianggap cukup luas (seperti banjir, kebakaran besar Tanah Abang, dsb). Berita nasional/internasional ini umumnya menyangkut politik atau ekonomi.

Pukul 5.38 – 5.40 WIB : Commercial Break

Segmen 2 : Berita aktual dalam negeri dari metropolitan, daerah, dan kriminal
Pukul : 5.40 – 5.48 WIB (8 menit)

Materi untuk segmen 2 adalah peristiwa aktual yang terjadi semalam atau kemarin, yang berskala lokal, atau dampaknya dianggap tak cukup luas. Berita daerah menyangkut dinamika di daerah, khususnya di mana Trans TV sudah memiliki koresponden (Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar). Ditambah berita kriminalitas, perampokan, penipuan, pembunuhan, narkoba, dan sebagainya.

Pukul 5.48 – 5.50 WIB : Commercial Break

Segmen 3 : Berita aktual olahraga dari mancanegara (Sportivo)
Pukul : 5.50 – 5.58 WIB (8 menit)

Materi untuk segmen 3 adalah peristiwa aktual dunia olahraga dari mancanegara. Berita ini disiapkan oleh tim Sportivo. Misalnya, hasil pertandingan sepakbola Liga Inggris, pertandingan basket NBA di Amerika, dsb. Jenis olahraga yang ditayangkan adalah yang masih relevan dengan kondisi Indonesia. Maka olahraga ski di salju atau Cricket, misalnya, tidak akan ditayangkan di sini karena kurang dikenal di Indonesia.

Pukul 5.58 – 6.00 WIB : Commercial Break

Segmen 4 : Berita aktual mancanegara
Pukul : 6.00 – 6.08 WIB (8 menit)

Materi untuk segmen 4 adalah peristiwa aktual dari luar negeri. Umumnya adalah peristiwa politik, seperti ancaman serangan militer Amerika ke Irak, badai salju di Amerika, kecelakaan kereta api di India, dsb. Meski ini berita luar negeri, prioritas diberikan ke berita luar negeri yang masih ada kaitannya dengan masyarakat Indonesia. Misalnya, soal kondisi jamaah haji di Arab Saudi, penangkapan warga negara RI yang dituduh jadi teroris di Filipina, dsb.

Pukul 6.08 – 6.10 WIB : Commercial Break

Segmen 5 : Berita aktual olahraga dari dalam negeri
Pukul : 6.10 – 6.18 WIB (8 menit)

Materi untuk segmen 5 adalah peristiwa aktual dunia olahraga dari dalam negeri. Berita ini disiapkan oleh tim Sportivo. Jenis olahraga yang ditayangkan umumnya adalah yang populer di Indonesia, seperti sepakbola, buku tangkis, tennis, dan sebagainya. Tetapi pada dasarnya, semua jenis olahraga yang terwakili di KONI bisa ditayangkan, melihat event-nya.

Pukul 6.18 – 6.20 WIB : Commercial Break

Segmen 6 : Berita dari dunia seni, mode, dan hiburan
Pukul : 6.20 – 6.27 WIB (7 menit)

Materi untuk segmen 6 adalah peristiwa aktual dan feature dari dunia hiburan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Umumnya menyangkut dunia mode (fashion), film, musik, dan sebagainya. Isinya bersifat ringan dan menghibur, dan paketnya biasanya lebih panjang (lebih dari 2 menit per item).

Pukul 5.27 – 5.28 WIB : Penutup

Jakarta, Februari 2003

Comments

Proper Ways said…
Tingkatkan RANKING WEBSITE secara otomasits dengan SOFTWARE baru ini.
Dapatkan di LINK GENERATOR SOFTWARE

Saya telah ping blog ini ke search engine sebagai ucapan terima kasih kepada pemilik blog.
I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please Click Here To Read My Blog
I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

http://pennystockinvestment.blogspot.com
cgos044tqj said…
Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

"BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

Get everything within 2 weeks.
100% verifiable, this is a real deal

Act now you owe it to your future.

(413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI