Posts

Showing posts from August 9, 2004

PERAN AKUNTAN INDONESIA MENGHADAPI TANTANGAN KONDISI TRANSISI DAN GLOBALISASI

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pengantar

Upaya membahas peran akuntan Indonesia saat ini tidak bisa dilepaskan dari konteks situasi dan kondisi transisional yang dihadapi negeri ini, serta kondisi global yang melingkupinya. Krisis multidimensi yang menghantam Indonesia, yang diawali dengan krisis moneter Juli 1997, telah menimbulkan perubahan-perubahan besar dalam masyarakat Indonesia. Termasuk tentunya perubahan dalam struktur sosial-budaya, ekonomi, politik, dan pertahanan-keamanan.
Perubahan-perubahan di dalam negeri ini terkait secara dinamis dengan berbagai perubahan global, yang terus berlangsung sampai sekarang. Pertengahan 2002 ini, misalnya, dunia finansial dikejutkan oleh skandal akuntansi terbesar di Amerika, yang berujung pada jatuhnya perusahaan energi raksasa Enron Corp. Harga sahamnya yang beberapa bulan sebelumnya mencapai puluhan dollar AS, dan nilai perusahaannya yang mencapai 48 milyar dollar AS, kini nyaris tak ada harganya.
"Keuntungan-keuntungan" yang tertera dal…

REFLEKSI 50 TAHUN BANK INDONESIA: MENUJU INDEPENDENSI DEMI PENCAPAIAN MISI DAN VISI

Image
Oleh Satrio Arismunandar


Pendahuluan

Separuh abad bukanlah waktu yang pendek bagi perjalanan suatu lembaga. Pada usia sedemikian, sebuah lembaga diharapkan sudah matang dan teruji menghadapi berbagai tantangan. Kemampuannya bertahan sampai separuh abad itu sendiri sudah menunjukkan adanya daya tahan dan kualitas tersendiri. Itulah yang dialami Bank Indonesia.
Bank Indonesia (untuk selanjutnya kita sebut BI) memiliki misi, untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Misi tersebut dilakukan dengan menjaga kestabilan moneter dan mengembangkan stabilitas sistem keuangan, untuk pembangunan nasional jangka panjang yang berkesinambungan.
Sedangkan visinya adalah menjadi lembaga bank sentral yang dipercaya secara nasional maupun internasional, melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki, serta pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.
Melalui masa-masa berat dan sulit, termasuk periode ketika politik menjadi panglima di zaman Orde Lama, dan masa pemerintahan otoriter Orde Bar…