Posts

Showing posts from August 17, 2004

BERITA TRANS PAGI

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Pendahuluan

Berita Trans Pagi adalah salah satu program siaran berita Trans TV. Konsepnya kira-kira tak jauh berbeda dengan Berita Trans Petang, yang mementingkan perkembangan informasi terkini, yang akurat, informatif, berimbang, bermanfaat buat pemirsa, dan sedapat mungkin lengkap. Karena itu, gaya penyampaiannya lugas, walau sedapat mungkin tetap bertutur dan komunikatif.

Jika Berita Trans Petang menayangkan berbagai informasi yang terjadi pada siang harinya, maka Berita Trans Pagi menayangkan peristiwa yang terjadi pada malam harinya (dari pukul 18.00 sampai pukul 4.00 pagi keesokan harinya). Ini masih ditambah peristiwa siang hari yang masih relevan, dan sedapat mungkin diubah formatnya, atau lebih dilengkapi informasinya, agar tidak sama persis dengan Berita Trans Petang.

Di dalam tayangan Berita Trans Pagi, terdapat sisipan segmen Sportivo, yang berisi berita-berita olahraga dari dalam negeri dan mancanegara. Biasanya penggarapan materi untuk segmen Sport…

PROSES PEMBUATAN BERITA DI STASIUN TELEVISI: STUDI KASUS TRANS TV

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Proses pembuatan berita di TransTV pada prinsipnya tak banyak berbeda dengan proses yang berlangsung di banyak stasiun TV lain. Di TransTV telah dibuat semacam prosedur operasional standar (SOP) dalam pembuatan berita, untuk menjaga kualitas berita yang dihasilkan oleh Divisi News. Sebagai stasiun televisi baru berdiri selama dua tahun, SOP ini relatif juga belum lama disusun, dan mungkin juga belum diterapkan secara sempurna. Meski demikian, Divisi News TransTV berupaya menerapkannya, sambil terus menerus menyempurnakan di sana-sini.
Pertama, perlu diingat bahwa jantung operasional sebuah Divisi News adalah rapat redaksi. Rapat redaksi adalah kegiatan rutin, yang penting bagi pengembangan dan peningkatan kualitas tayangan berita dari stasiun TV bersangkutan.

Sasaran Rapat Redaksi:

1. Untuk mengkoordinasikan kebijakan redaksi dan liputan.
2. Untuk menjaga kelancaran komunikasi antar staf redaksi.
3. Untuk memecahkan masalah yang timbul sedini mungkin.
4. Untuk mengh…

PERAN PERS DAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMANTAUAN PEMILU 2004

Image
Oleh Satrio Arismunandar

I. Pendahuluan

Pers memiliki berbagai macam peran. Peran pertama dan utama adalah menyiarkan informasi (to inform), entah informasi tentang peristiwa yang terjadi, gagasan, atau pikiran orang. Orang membaca suratkabar terutama karena ingin mencari informasi.
Peran kedua adalah mendidik (to educate). Lewat pemberitaannya, pers mencoba memberi pencerahan, mencerdaskan, dan meluaskan wawasan khalayak pembaca, pendengar, atau pemirsanya. Dalam konteks politik, pers memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, menyadarkan mereka akan hak dan kewajibannya sebagai warga.
Peran ketiga adalah menghibur (to entertain). Hal-hal yang bersifat menghibur sering kita temukan di media massa –seperti: berita seputar selebritis, teka-teki silang, cerita bersambung, dan lain-lain-- sebagai selingan dari berita-berita berat yang lain.
Peran keempat adalah mempengaruhi (to influence). Media yang independen dan bebas dapat mempengaruhi dan melakukan fungsi kontrol sosial (social con…