Posts

Showing posts from July 11, 2006

DRAMA AKBAR TANDJUNG DAN LIPUTAN ELITIS

Image
Oleh Satrio Arismunandar


Sungguh memprihatinkan, melihat cara liputan dan pemberitaan media massa, khususnya media televisi, terhadap keputusan Mahkamah Agung, yang menerima kasasi Akbar Tandjung, dalam kasus penyelewengan dana nonbudgeter Bulog, Kamis, 12 Februari lalu. Media massa meliput dengan pendekatan naif dan elitis, sehingga sadar atau tak sadar, mereka telah terperangkap dalam taktik propaganda kubu Akbar Tandjung, Ketua Umum Partai Golkar, yang juga mantan Menteri Sekretaris Negara era Presiden BJ Habibie tesebut.

Marilah kita telusuri urutan kejadiannya. Seminggu sebelum pembacaan keputusan Mahkamah Agung (MA), yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi itu, lima Hakim Agung yang menangani kasasi Akbar sebenarnya sudah menghasilkan keputusan, yang membebaskan Akbar. Namun, dengan alasan harus menyiapkan berkas keputusan, bebasnya Akbar itu “dirahasiakan” oleh MA. Keputusan berikut segala pertimbangan yang mendasarinya baru akan dibacakan pada 12 Februari.

N…

Cerpen - SEORANG PEREMPUAN AMERIKA DI BAGHDAD

Image
Oleh Satrio Arismunandar


Pertama kali aku bertemu Nancy Goodhead adalah ketika pesawat Iraqi Airways, maskapai penerbangan Irak, yang kami tumpangi baru saja mau meninggalkan bandar udara Alia di Amman, Yordania. Waktu itu Desember 1990, beberapa bulan sesudah tentara Irak menyerbu Kuwait, dan kemudian pasukan multinasional yang dipimpin Amerika Serikat sudah mencanangkan serangan ke Irak.

Ribuan orang, termasuk para diplomat dan pekerja asing, meninggalkan Irak untuk menghindari perang. Namun, di bawah bayang-bayang serangan Amerika dan sekutunya, sejumlah orang justru mau masuk ke Irak. Salah satunya adalah aku, sebagai anggota organisasi perdamaian, yang berkepentingan untuk mencegah perang. Mereka yang memilih masuk ke Irak, umumnya hanyalah warga Irak sendiri, petugas PBB, jurnalis, atau aktivis perdamaian dan kemanusiaan.

Dalam antrean, ketika mau memasuki pesawat, kopor Nancy –yang waktu itu belum kukenal-- jatuh. Aku membantu mengambilkannya. "Terimakasih," ujarnya, sam…

DICARI: PERS YANG BERPIHAK DAN PRORAKYAT

Image
Tanggapan untuk Agus Sudibyo dan Solahudin


Oleh Satrio Arismunandar

Kontroversi tentang apakah Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 perlu direvisi, yang mencuat dari rapat kerja antara Menteri Negara Informasi dan Komunikasi Syamsul Muarif dengan Komisi I DPR, 6 Desember 2001, telah ditanggapi para pengamat dan praktisi media. Agus Sudibyo dan Solahudin mengulas hal ini dalam artikel mereka di Kompas (4/1). Tulisan ini mencoba melengkapi, sekaligus menarik persoalan ke hal yang lebih substansial, yang menyangkut peran pers Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di tengah kondisi survival bangsa akibat hantaman krisis multidimensi saat ini.

Ide revisi UU Pers muncul karena adanya persepsi bahwa UU Pers yang ada gagal mengantisipasi ekses-ekses negatif dari kebebasan pers, seperti: pornografi, penyebaran berita bohong, provokatif, character assassination, serta fenomena wartawan gadungan. Mengingat semua ekses negatif yang disebut di atas adalah delik pers yang sudah terdapat…

Puisi - HIDUP DAN MIMPI

Image
Seandainya seluruh kehidupan ini cuma mimpi
seperti yang kau katakan

Aku tetap bertekad
menjadikannya
mimpi yang seindah-indahnya

Jakarta, 23 Feb 2006

Satrio Arismunandar

KISAH RAJAWALI-RAJAWALI

Image
Oleh Satrio Arismunandar

(Catatan tersisa dari liputan dan Raker Program SISI LAIN
TransTV, di Dieng, Jawa Tengah, 27-29 April 2005)


Yossie dan Dian melangkah di depanku, menyusuri pematang dan alur-alur ladang kentang dan bawang. Cuaca di lereng bukit yang kami lewati cukup cerah, bahkan agak panas, pada tengah hari itu. Aku berjalan di belakang kedua reporter SISI LAIN (SILA) tersebut sambil memanggul tripod. Di belakangku, Komar, cameraman SILA, berjalan dan sesekali berhenti untuk mengambil gambar.

Kami baru saja mengambil gambar tugu peringatan terjadinya bencana alam tanah longsor 1955, yang menimpa Dukuh Legetang, di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Sekitar 350 orang, atau bisa dibilang hampir seluruh penduduk Legetang, tewas dalam bencana tersebut. Desa itu sendiri sekarang sudah tinggal sejarah.

Pengambilan gambar ini adalah bagian dari liputan utama untuk program SILA, yang ditayangkan di TransTV tiap Selasa pukul 23.30. Sesudah liputan beberapa hari, akan langsung diteruskan d…

SISI LAIN YANG "TAKUT SUKSES"

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Producer Program SISI LAIN

“Mas, sebaiknya kita jangan terlalu sukses. Nanti nasib kita seperti Fenomena, disuruh striping,” ujar seorang crew Sisi Lain kepada saya, beberapa bulan lalu. Saat itu, Sisi Lain adalah program mingguan, yang menampilkan features tentang berbagai sisi unik kehidupan, dan tayang setiap Selasa malam, pukul 23.30 – 24.00.

Perolehan rating dan share Sisi Lain, yang sudah menghias layar Trans TV sejak September 2004 ini, memang cukup lumayan. Beberapa kali kami memperoleh bonus, meski tidak sesering Fenomena. Fenomena, yang semula tayang mingguan dan dianggap sukses menangguk rating, sudah jauh-jauh hari disuruh striping.

Anda mungkin heran, mengapa ada yang takut sukses? Bukankah sukses itu justru sesuatu yang dikehendaki setiap orang? Tapi Anda harus memahami kondisi di Divisi News, sebelum bisa mengerti “ketakutan terhadap sukses” tersebut. Diukur dari jumlah program inhouse maupun durasinya, Divisi News Trans TV adalah yang terbanyak mem…