Posts

Showing posts from July 13, 2006

WIRANTO DAN KURT WALDHEIM

Image
Oleh Satrio Arismunandar


Sejak melenggang mantap sebagai calon Presiden RI dari Konvensi Partai Golkar, serangan politik terhadap Wiranto semakin gencar, baik dari lawan-lawan politiknya di dalam negeri maupun di luar negeri. Serangan itu antara lain terpusat pada latar belakang militernya, dan tuduhan keterlibatan Wiranto selaku Panglima TNI, dalam pelanggaran HAM di sejumlah tempat, khususnya di Timor Timur (sekarang menjadi Timor Leste) pasca jajak pendapat 1999.
Unit Kejahatan Serius (SCU) Kejaksaan Agung Timor Leste, misalnya, belum lama ini telah mengajukan mosi hukum bagi penangkapan Wiranto. SCU ini merupakan kepanjangan tangan PBB, yang semula dibentuk oleh Otoritas Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET), lewat Resolusi Dewan Keamanan PBB. Setelah Timor Timur merdeka, UNTAET dibubarkan, namun keberadaan SCU diteruskan dan ditempatkan di Kejaksaan Agung Timor Leste.
Namun, apakah berbagai serangan itu akan efektif, dalam membendung laju Wiranto sebagai capres? Belum tentu. Kasus ya…

DINAMIKA PERS INDONESIA DI ERA REFORMASI

Image
Oleh Satrio Arismunandar*PendahuluanLangkah dadakan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dengan menghapus keberadaan Departemen Penerangan dalam jajaran Kabinet Persatuan Nasional yang dipimpinnya, pada Oktober 1999, seolah-olah menjadi klimaks mengejutkan dalam proses keterbukaan dan demokratisasi kehidupan pers di Indonesia.Sudah diakui secara meluas bahwa pers Indonesia adalah bagian tak terpisahkan dari gerakan reformasi itu, yang mencapai momen bersejarah dengan berhentinya Soeharto sesudah berkuasa selama 32 tahun, pada 21 Mei 1998. Meskipun pers bukanlah pelopor gerakan reformasi itu, sulit dibayangkan, gerakan reformasi yang dipelopori mahasiswa itu akan bergulir tanpa pemberitaan dan dukungan gencar pers Indonesia, baik dari media cetak maupun elektronik. Pembubaran Deppen yang memiliki lebih dari 50.000 karyawan adalah langkah berani, dan bisa menjadi masalah politik baru bagi pemerintahan Gus Dur jika tidak ditangani secara seksama.[1] DPR merasa perlu menggunakan hak inte…

Sajak - KAU DAN FUTSAL

Image
Lentik alismu
seperti tendangan melengkung di bibir gawang

Senyum renyahmu
ibarat semburat tawa kala gol tercipta

Cintamu untukku
adalah aura kemenangan yang tak pernah berakhir


Gedung Trans TV, Lt. 33 Maret 2006
Satrio Arismunandar

(Ditulis untuk memberi semangat dan dukungan pada timFutsal SISI LAIN, dalam pertandingan pembukaan melawantim UPM, Minggu, 5 Maret 2006)