Posts

Showing posts from October 7, 2006

RISET MUSIK UNTUK STASIUN RADIO DAN MEDIA SIARAN

Image
Foto: Crew JELAJAH dan SISI LAIN Trans TV sehabis taping di Bali, 2005

Riset musik penting bagi penjadwalan program stasiun radio. Tujuannya adalah agar audience mendapat suguhan musik yang mereka sukai, dan menyisihkan lagu-lagu lama yang sudah membosankan.

Untuk riset ini, kepada audience atau sample audience diperdengarkan segmen singkat dari lagu bersangkutan atau hook (sekitar 5-15 detik, sekadar cukup bagi audience untuk mengenali lagu yang diperdengarkan). Dari riset ini, stasiun radio mengetahui, lagu mana yang disukai dan tidak disukai pendengar. Tapi tidak bisa menentukan, seberapa sering suatu lagu harus diputar. Riset ini juga tak berlaku untuk lagu-lagu yang baru dirilis.

Metode Riset Musik ada dua:

Testing Auditorium: Sekitar 75-100 audience ditempatkan dalam ruang tertentu dan diperdengarkan segmen lagu-lagu dimaksud. Persyaratan bagi audience yang ikut tes ini ditentukan oleh stasiun radio (misalnya, usia 25-40 tahun, dan mereka diberi honor untuk partisipasinya.) Dalam wa…

RISET RATING DAN RISET NON-RATING DI MEDIA ELEKTRONIK

Image
Foto: Crew SISI LAIN Trans TV (lama) dalam acara taping di Kuta, Bali.

Studi riset media elektronik terbagi dalam dua kategori utama: riset rating dan riset nonrating.

Riset Rating:

Ketika radio mulai populer pada 1920-an, dan para pengiklan mulai melihat potensinya untuk menarik pelanggan, mereka menghadapi problem untuk mengukur jumlah audience. Berbeda dengan media cetak, yang memiliki angka sirkulasi yang jelas, media elektronik tak punya data penonton yang memadai, kecuali angka perkiraan. Surat sukarela dari pendengar radio adalah sumber data pertama, namun sukarelawan jelas tidak mewakili audience umum.

Dari sinilah, mulai dikenal studi rating dengan pengambilan sample dari audience. Studi rating ini untuk waktu-waktu mendatang masih akan terus digunakan, namun ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui tentang sistem rating:
Rating hanyalah pendekatan atau perkiraan dari ukuran jumlah audience. Rating ini tidak mengukur kualitas program atau pendapat tentang program.
Rating tida…

RISET DAN PERANANNYA DI INDUSTRI MEDIA CETAK

Image
Foto: Crew program SISI LAIN lama dalam taping di Kuta, Bali.


Riset ilmiah punya peran dalam perkembangan industri media dan manajemen industri media. Khususnya, di media cetak (suratkabar). Jenis riset itu, antara lain:

Riset Pembaca (Readership Research):

Studi pembaca dilakukan di AS menjelang dan menyusul terjadinya Perang Dunia II. Perintisnya adalah George Gallup, dengan metode wawancara personal, di mana pembaca disodori suratkabar dan diminta menunjukkan artikel-artikel yang mereka baca.
Riset pembaca menjadi penting bagi manajemen selama 1960-an dan 1970-an, ketika tingkat sirkulasi suratkabar di daerah metropolitan mulai mendatar dan bahkan menurun.
Saat ini, riset pembaca suratkabar terutama dibagi dalam lima jenis: Profil pembaca, studi seleksi-item, studi pembaca-nonpembaca, studi uses and gratifications, dan perbandingan redaktur -pembaca.

1. Profil Pembaca:

Studi ini memberikan rangkuman demografis pembaca untuk suatu penerbitan (seperti: usia, jenis kelamin, pendidikan, penda…