JAKOB OETAMA HADIRI RAKER TRANS TV & TRANS-7


(Foto: Sebagian dari Crew News Trans TV in action)

Bandung, Trans-News

Ada yang menarik dari Raker Tahunan TransTV & Trans-7 yang diadakan di Hotel Sheraton, Bandung, 11-13 Januari 2007. Yaitu kehadiran tokoh dan pimpinan tertinggi Kelompok Kompas-Gramedia (KKG), Jakob Oetama, yang ikut memberi sambutan pada hari kedua Raker itu. Sejak TV7 dibeli sebagian besar sahamnya oleh Trans Corpora (dan lalu diganti namanya menjadi Trans-7), KKG memang masih memegang jumlah saham cukup signifikan di Trans-7.

Dalam sambutannya, Jakob mengatakan, zaman sudah berubah. Artinya, ketika ia mulai merintis bisnis media cetak sejak 1960-an hingga kondisi tahun 2007 sekarang, sudah banyak terjadi perubahan. “Saya termasuk generasi yang sudah fading away, tapi masih punya komitmen,” ujarnya.

Menyinggung kurang berhasilnya TV7 ketika masih di bawah KKG, menurut Jakob, KKG dan Trans Corpora memiliki budaya kerja yang sama, hanya zaman memang sudah berubah.

Jakob mengakui, televisi adalah media yang sangat besar pengaruhnya. Membandingkan media televisi dan media cetak, dulu ia sempat meremehkan medium televisi karena budaya menonton itu membuat kita carried away (terhanyut). Beda dengan budaya membaca, yang berarti ada jarak dan bersifat reflektif.

Jakob juga menyinggung kecenderungan sekarang, dengan munculnya infotainment. Yaitu informasi yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan menyentuh. Dalam sambutannya, yang disimak dengan cermat oleh para jurnalis dan karyawan Trans TV dan Trans-7, Jakob mengutip sejumlah pernyataan tokoh sejarah, untuk memberi penekanan pada pesan yang ia sampaikan. Ia juga menekankan sikap-sikap yang penting bagi budaya kerja di media. Seperti, sikap dasar cermat, konsep homo faber, dan pemosisian kerja sebagai ibadah dan pemenuhan (fulfillment) kemanusiaan. (rio)

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)