Posts

Showing posts from February 15, 2007

LEBIH DARI 100.000 ORANG MELAMAR KE TRANS TV & TRANS-7

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Lebih dari 100.000 orang telah melamar ke Trans TV dan Trans-7, sampai pendaftaran ditutup Desember 2006. Pada tahun 2007 ini, kedua stasiun TV itu memang melakukan rekrutmen bersama-sama, sejak bergabung dalam kemitraan strategis di bawah payung Trans Corpora.

Angka 100.00 tersebut saya peroleh dari ngobrol dengan teman-teman dari bagian Human Capital Trans Corpora, yang bertanggung jawab menangani rekrutmen. Angka 100.000 itu adalah berasal dari seluruh Indonesia. Karena jumlahnya yang sangat besar, maka ujian atau seleksi masuknya akan diadakan di sejumlah kota besar. Untuk pelamar yang tinggal di kawasan Jabodetabek sendiri (sekitar 65.000), tes seleksi masuk dipusatkan di Gelora Bung Karno, Senayan, pada 21 Januari 2007. Karena, hanya gedung stadion olahraga itulah yang sanggup menampung puluhan ribu peserta seleksi sekaligus.

Ini mengingatkan saya pada ujian masuk perguruan tinggi negeri (UMPTN), yang juga diikuti ratusan ribu peserta. Angka 100.000 itu sa…

MAKNA KONSOLIDASI STASIUN-STASIUN TV NASIONAL

Image
(Oki dan Ine Febriyanti, dua model yang sempat jadi host Fenomena - saat saya jadi producernya)

Oleh Satrio Arismunandar

Industri media televisi nasional kini mengalami perkembangan pesat, baik dari segi ternologi maupun bisnis. Selain makin banyak stasiun TV yang secara bertahap mulai menerapkan teknologi digital dalam operasionalnya, industri media TV juga ditandai dengan proses konsolidasi dan pengelompokan stasiun-stasiun TV.

Setidaknya saat ini sudah terbentuk tiga kelompok besar. Kelompok pertama, yang dikomandani Hary Tanoesoedibjo, dengan payung PT. Media Nusantara Citra (PT. Bimantara Citra, Tbk), membawahi: RCTI (PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia), TPI (PT. Cipta Televisi Pendidikan Indonesia) dan Global TV (PT. Global Informasi Bermutu).

Kelompok kedua, yang dikomandani Anindya N. Bakrie, dengan payung PT. Bakrie Brothers (Grup Bakrie), membawahi: ANTV (PT. Cakrawala Andalas Televisi) dan Lativi (PT. Lativi Media Karya). Kelompok ketiga, yang dikomandani Chairul Tanjung, d…