Posts

Showing posts from May 2, 2008

PENETAPAN MISI DAN TUJUAN DI PERUSAHAAN MEDIA

Image
Misi dan tujuan dari sebuah perusahaan media tidak muncul begitu saja. Keduanya didasarkan pada pengetahuan tentang apa yang diinginkan pasar, serta analisis tentang kekuatan perusahaan, yang bergerak di bisnis informasi tersebut. Secara bervariasi, baik misi maupun tujuan dari sebuah perusahaan akan menentukan bisnis yang akan digeluti dan arah yang akan ditempuh.

Untuk menentukan langkah yang tepat dan memadai, para pemimpin media harus meninjau seluruh informasi yang mereka ketahui --dan yang mereka bisa temukan-- tentang industri media dan hal-hal yang terkait dengannya. Mereka harus melihat ke:
· Tren yang sedang berkembang
· Pasar yang harus dilayani, dan
· Kekuatan organisasi mereka dan para kompetitornya.

Namun, bahkan ketika semua hasil peninjauan itu sudah diperoleh, mereka tidak bisa langsung menentukan tujuan ideal perusahaan. Melampaui semua informasi latar belakang tersebut, misi dan tujuan terbaik dirumuskan ketika para eksekutif media menambahkan unsur penilaian terbaik mer…

PROSES PERENCANAAN DI PERUSAHAAN MEDIA

Image
Proses perencanaan adalah fungsi sentral seorang manajer media. Proses perencanaan dan rencana yang dihasilkannya merupakan sarana utama bagi eksekutif media, untuk mewujudkan visinya tentang apa yang harus dilakukan oleh perusahaan atau departemen yang dipimpinnya.

Rencana adalah sebuah outline tentang bagaimana harus bergerak ke arah tujuan-tujuan organisasi media. Jika ingin rencana itu efektif, rencana itu harus memberikan informasi yang jelas kepada para staf tentang arah, serta langkah-langkah spesifik, yang akan membantu upaya ke arah pencapaian tujuan.

Rencana itu mirip peta untuk pendakian gunung. Ia membantu kita menentukan arah, tetapi tetap akan ada unsur ketidakpastian dan fleksiblitas, yang akan kita temui dalam perjalanan. Perjalanan itu sendiri merupakan rangkaian respons interaktif antara rencana dan tindakan-tindakan serta inisiatif, yang diambil oleh staf media.

Proses perencanaan memberikan arah, di mana para karyawan melalui rencana tersebut berinteraksi dengan ide-i…

KARAKTER UNIK PERUSAHAAN MEDIA

Image
Sebagian besar perusahaan media mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan pesan-pesan yang memberi informasi, menghibur, dan/atau membujuk.

Pada tingkatan yang paling mendasar, perusahaan informasi sama seperti perusahaan manufaktur lain. Mereka memproduksi dan mendistribusikan produk (pesan) dan kemudian, untuk bisa menjual produk itu, mereka menyeleksi audiens dan mengembangkan strategi pemasaran, promosi, dan penjualan, untuk mencapai audiens bersangkutan.

Sebagai sebuah bisnis yang menghasilkan produk, perusahaan media memiliki kesamaan dengan perusahaan-perusahaan lain. Namun, ada beberapa faktor yang membedakan perusahaan media dari perusahaan lain.

Hakikat Produk

Sebagian besar perusahaan media menghasilkan komoditi yang tidak tahan lama (perishable commodity), yaitu informasi. Informasi itu bisa dalam bentuk berita, acara hiburan, atau pesan-pesan persuasif. Ini berlaku untuk media suratkabar atau media siaran, tetapi kurang menonjol pada perusahaan penerbitan buku atau pro…

FUNGSI UTAMA MANAJER DI PERUSAHAAN MEDIA

Image
Setidaknya ada lima fungsi utama, yang harus dilakukan seorang manajer di perusahaan media. Kelima fungsi ini saling berhubungan, dan secara bersama-sama membentuk inti dari peran manajer media.

Kelima fungsi itu adalah:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian kerja dan teknologi (organizing work and technology)
3. Manajemen keuangan (financial management)
4. Bekerja dengan orang (working with people)
5. Kepemimpinan (leadership)

Perencanaan

Perencanaan bukanlah sekedar membuat cetak biru tentang apa yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan media. Perencanaan yang berhasil dimulai dengan kejelasan misi dan tujuan dari organisasi. Sesudah ada misi dan tujuan yang jelas, manajer media menetapkan strategi dan sasaran-sasaran spesifik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Maka, jika tujuan sebuah majalah dikatakan sebagai berkomitmen untuk melaporkan “berita,” itu tidak sama dengan seandainya pengelola majalah tersebut memutuskan untuk melaporkan jenis-jenis berita tertentu.

Tujuan yang te…

TEORI X, TEORI Y, DAN TEORI Z, SERTA PENERAPANNYA DI PERUSAHAAN MEDIA

Image
Bagi mereka yang mengambil studi manajemen, istilah Teori X, Teori Y dan Teori Z mungkin bukan sesuatu yang asing lagi. Saya akan sedikit membahas dan menyegarkan pemahaman kita tentang teori ini, dalam kaitannya dengan penerapan di perusahaan media.

Meski ada sejumlah perbedaan antara perusahaan media yang bergelut di bisnis informasi, dengan perusahaan yang bergelut di jenis bisnis lain, ada sejumlah persamaan dalam cara para manajer perusahaan memandang dan memperlakukan karyawannya. Di perusahaan media, para karyawan yang krusial dalam proses produksi content berita adalah para jurnalis.

Cara manajer media memandang motivasi staf dan orientasi mereka terhadap kerja, sering dikaitkan dengan asumsi-asumsi dasar yang dibuat kalangan eksekutif ini tentang manusia. Keyakinan yang dianut para manajer tentang mengapa manusia bertindak atau berperilaku tertentu, seperti yang biasa manusia itu lakukan, sering menentukan langkah-langkah yang dilakukan manajer media terhadap para karyawan medi…