Posts

Showing posts from November 17, 2008

Essay - PENGALAMAN MELIHAT "TUYUL"?

Image
Malam itu, Sabtu (15 November 2008), saya baru pulang dari kerja di kantor Trans TV. Saya sampai di rumah saya, di perumahan Taman Cipayung, Depok II Tengah, sekitar pukul 23.30 WIB. Saya memarkir mobil dinas di halaman depan rumah tetangga (saya tak punya ruang garasi khusus untuk mobil jatah dari kantor tersebut).

Rumah tetangga, yang terletak persis di depan rumah saya, itu kosong dan gelap karena ditinggalkan penghuninya. Tidak ada lagi barang apapun di rumah itu. Sang penghuni sekarang tinggal di perumahan lain, dan rumah kosong ini statusnya memang ditawarkan untuk dijual, tetapi belum laku-laku.

Saya memarkir mobil persis di bawah pohon mangga rimbun, yang tumbuh di halaman rumah tetangga. Dahan-dahan pohon itu menjangkau genteng dan atap rumah tetangga. Saat itulah, ketika menutup pintu mobil, saya mendengar suara gemersak dan melihat kelebatan bayangan di genteng rumah itu. Semula saya pikir, itu kucing. Tapi bayangan itu terlihat terlalu besar untuk seekor kucing.

Saya mencoba …

PERUBAHAN STRUKTUR MENURUT TEORI STRUKTURASI ANTHONY GIDDENS

Image
Teori Strukturasi sebagai “Jalan Tengah”

Ada dua pendekatan yang kontras bertentangan, dalam memandang realitas sosial. Pertama, pendekatan yang terlalu menekankan pada dominasi struktur dan kekuatan sosial (seperti, fungsionalisme Parsonian dan strukturalisme, yang cenderung ke obyektivisme). Kedua, pendekatan yang terlalu menekankan pada individu (seperti, tradisi hermeneutik, yang cenderung ke subyektivisme).

Menghadapi dua pendekatan yang kontras berseberangan tersebut, Anthony Giddens tidak memilih salah satu, tetapi merangkum keduanya lewat teori strukturasi. Lewat teori strukturasi, Giddens menyatakan, kehidupan sosial adalah lebih dari sekadar tindakan-tindakan individual. Namun, kehidupan sosial itu juga tidak semata-mata ditentukan oleh kekuatan-kekuatan sosial.

Menurut Giddens, human agency dan struktur sosial berhubungan satu sama lain. Tindakan-tindakan yang berulang-ulang (repetisi) dari agen-agen individual-lah yang mereproduksi struktur tersebut. Tindakan sehari-hari sese…

PRODUKSI DOKUMENTER UNTUK MEDIA TELEVISI

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Makna Film Dokumenter
Istilah “dokumenter” atau documentary (bahasa Inggris), adalah turunan dari kata Perancis, documentaire. Yang artinya, sebuah film atau pembicaraan yang menggambarkan perjalanan di suatu negeri tertentu. Apakah cara pengambilan gambarnya secara langsung atau direkaulang, sampai tahun 1960-an, film dokumenter yang tradisional adalah urusan tunjukkan-dan-ceritakan (show-and-tell).
Dokumenter bukanlah reproduksi dari realitas, tetapi merupakan representrasi dari dunia yang kita huni. Jika reproduksi diartikan sebagai sekadar meng-copy dari sesuatu yang sudah ada, maka representasi berarti menetapkan pandangan tertentu terhadap dunia. Yakni, suatu pandangan yang mungkin tak pernah kita temui sebelumnya, bahkan sekalipun aspek-aspek dari dunia yang direpresentasikan itu sudah akrab dengan kita atau sering kita lihat.
Kita menilai sebuah reproduksi dari keserupaannya dengan yang asli (orisinal), dari kapasitasnya untuk persis, bertindak sama, …