Posts

Showing posts from November 19, 2008

GEDE PRAMA: ZAMAN JADI LIAR, BAHASA JADI VULGAR

Image
Bagi kalangan yang berkecimpung dalam dunia manajemen di Indonesia, nama Gede Prama pasti sudah tak asing lagi. Ia pernah menyebut dirinya “pengangguran intelek” atau “gelandangan intelek.” Padahal, di tahun 1994, ia baru saja pulang dari Inggris dan Perancis, dengan dua gelar master: MA dan MBA. Gede Prama sempat kerja serabutan di Jakarta, sebelum pelan-pelan namanya makin menanjak dan dikenal sebagai salah satu pakar manajemen.

Ia bahkan kemudian sempat dipercaya menjadi pimpinan puncak sebuah perusahaan jamu terkemuka, PT. Air Mancur, sebagai President dan Chief Executive Officer. Usianya waktu itu baru 38 tahun, minim pengalaman di bidang industri jamu, dan bukan sanak famili dari sekitar 40 pemilik perusahaan jamu tersebut. Padahal, dalam tradisi budaya perusahaan keluarga di Indonesia, jarang sekali jabatan pemimpin puncak diserahkan ke orang luar. Jabatan itu biasanya diwariskan ke anak, atau setidaknya ke orang yang masih punya ikatan keluarga dengan sang pemilik.

Gede Prama, y…

KH. ABDULLAH GYMNASTIAR (AA GYM): BERBAHASA YANG BAIK DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Image
Siapa yang tidak kenal KH Abdullah Gymnastiar? Bagi masyarakat Indonesia, da’i kondang, yang akrab dengan nama panggilan Aa Gym, ini sudah jadi tokoh masyarakat dan termasuk selebritis paling populer. Apalagi pada bulan puasa. Ceramah-ceramah agamanya yang disampaikan secara sejuk, teduh, kocak dan mengalir, selalu ditunggu pemirsa di layar televisi.

Maka, mempertanyakan tentang keterampilan berbahasa Indonesia pada Aa Gym, akan terasa berlebihan. Bagaimana mungkin Aa Gym mampu memikat ribuan jamaah masjid, bahkan jutaan pemirsa televisi di berbagai daerah, untuk tekun mendengarkan ceramah-ceramahnya, jika ia tak fasih berolah kata dalam bahasa Indonesia? Tidak semua orang dianugerahi bakat semacam itu. Yang bisa menandingi Aa Gym, dalam mempesona para pendengarnya, mungkin hanyalah tokoh seperti Buya Hamka, Zainuddin MZ atau Bung Karno.

Untuk bisa meminta komentar Aa Gym tentang makna bahasa Indonesia dalam kehidupannya, juga tak mudah. Maklum, da’i kelahiran Bandung, 29 Januari 1962 …