Posts

Showing posts from December 3, 2008

MAKNA ANGKA 666 (KASUS SENGKETA MAJALAH TEMPO VS. ABURIZAL BAKRIE)

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Konglomerat Aburizal Bakrie, yang juga Menko Kesra, merasa tersinggung dengan pemuatan gambar dirinya pada sampul Majalah Tempo, terbitan 17-23 November 2008. Apalagi pada pelipis gambarnya ada angka 666."Angka 666 merupakan lambang iblis. "Saya tahu, pers mengkritik melalui karikatur tapi penggunaan suatu simbol iblis terutama di sampul bukanlah karikatur tapi sebuah praduga jahat untuk sengaja menghina dan merendahkan seseorang," kata Aburizal alias Ical, yang didampingi kuasa hukumnya Denny Kailimang, ketika mengadu ke Dewan Pers, Jumat, 28 November 2008. Ical mengaku tidak nyaman dengan isi pemberitaan Tempo. "Saya masih dikaitkan dengan pengelolaan perusahaan. Padahal seluruhnya sudah saya serahkan kepada adik saya. Saya tidak terlibat lagi dengan pengelolaan perusahaan."

Saya tidak ingin berkomentar tentang isi berita Tempo. Namun, saya ingin sedikit berkomentar tentang penjelasan Pemimpin Redaksi Tempo, Toriq Hadad di Dewan Pers, …

INDONESIA DAN KEINDONESIAAN: TEKS DAN KONSTRUKSI IDENTITAS

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pengantar

Sudah 63 tahun berlalu, sejak Soekarno-Hatta dan para founding fathers memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 1945. Sekian lama sesudahnya, terutama saat di bawah pemerintahan Orde Baru, apa yang kita anggap sebagai identitas “Indonesia” seolah-olah sudah final. Sesuatu yang sudah selesai.
Namun, berbagai perkembangan terakhir, terutama yang muncul sejak jatuhnya rezim Orde Baru di bawah Soeharto, seolah-olah menyentakkan kita kembali ke realitas. Yaitu, bahwa apa yang kita sebut sebagai identitas “Indonesia” dan keindonesiaan ternyata adalah sesuatu yang masih harus terus kita perjuangkan. Ia adalah sesuatu yang selalu dalam pembentukan, selalu dalam proses menjadi (becoming).
Konflik berdarah bernuansa agama di Ambon dan Maluku; pembantaian etnis di Kalimantan yang melibatkan suku Dayak dan Madura; gerakan separatis bersenjata di Papua dan Aceh; kerusuhan Mei 1998 di Jakarta; dan banyak lagi yang tak bisa disebut satu-pers…