Posts

Showing posts from January 8, 2010

SEKILAS TENTANG EKSISTENSIALISME DAN JEAN PAUL-SARTRE

Image
Eksistensialisme adalah filsafat dan gerakan kesusastraan yang sebagian besar diidentifikasikan pada intelektual Perancis, Jean-Paul Sartre, dan memperoleh pengaruh cukup besar sesudah Perang Dunia II, terutama tahun 1945-1955. Makin lama, aliran ini tersebar ke seluruh Eropa, bahkan pengaruhnya meluas sampai ke benua-benua lain pula.

Eksistensialisme secara populer diasosiasikan dengan keterkenalan yang dinikmatinya di Paris pada tahun 1940-an, ketika oposisi terhadap bentuk-bentuk dominasi yang tersirat pada kekuasaan dan ideologi didiskusikan dan mungkin dihidupkan di suasana khas kafe-kafe dan klub malam Paris. Identifikasi sebuah gerakan filosofis dengan gaya hidup itu berumur pendek, namun filsafat eksistensialisnya memiliki implikasi yang lebih luas daripada sekedar revolusi muda yang terkungkung dalam gerakan protes.
Akar-akar eksistensialisme bervariasi, dan bisa ditemukan pada karya-karya pemikir religius Denmark Søren Kierkegaard, novelis Rusia Fyodor Dostoyevsky, dan filsu…

BERBAGAI TEORI TENTANG MASYARAKAT INFORMASI

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Saat ini tampaknya tidak ada fenomena yang diakui secara begitu meluas keberadaannya, seperti masyarakat informasi (information society). Secara kasar, dapat dinyatakan bahwa masyarakat informasi adalah masyarakat di mana kreasi, distribusi, difusi, penggunaan, integrasi dan manipulasi informasi merupakan aktivitas ekonomi, politik dan budaya yang signifikan. Ekonomi pengetahuan (knowledge economy) adalah pengimbang ekonomi di mana kemakmuran diciptakan melalui eksploitasi ekonomis terhadap pemahaman (understanding). Orang yang memiliki sarana untuk ikut serta dalam bentuk masyarakat seperti ini kadang-kadang disebut warganegara digital (digital citizens).
Spesifik bagi masyarakat jenis ini adalah posisi sentral yang dimiliki teknologi informasi bagi produksi, ekonomi, dan masyarakat luas. Masyarakat informasi dipandang sebagai pengganti dari masyarakat industrial. Konsep-konsep yang terkait erat dengannya adalah masyarakat pasca industri (post-industrial soci…