Posts

Showing posts from October 18, 2011

BEBERAPA TEORI TENTANG DAMPAK MEDIA TERHADAP INDIVIDU

Image
Dampak (efek) komunikasi massa bisa dibagi dua: Efek yang bersifat umum dan efek khusus.
Efek umum menyangkut efek dasar yang diperkirakan dapat terjadi akibat pesan-pesan yang disiarkan melalui media massa. Komunikasi massa memiliki efek yang ”mengembang” sebab dalam banyak hal komunikasi massa telah mengambil alih fungsi komunikasi sosial. Secara umum atau luas, komunikasi massa melalui media massa telah menciptakan suatu jaringan pengertian, yang tanpa itu tidak mungkin tercipta masyarakat yang besar dan modern.

Efek seperti itu merupakan efek dasar yang terjadi dari hari ke hari secara terus-menerus. Ia tidak dapat dilihat, didengar, atau diraba, tetapi ia benar-benar terjadi.
Dapat disimpulkan bahwa terpaan media massa pada waktunya akan menimbulkan perubahan-perubahan yang mengejutkan.

Efek khusus menyangkut efek yang diperkirakan akan timbul pada individu-individu dalam suatu massa audiens pada perilaku mereka, dalam menerima pesan-pesan media massa.
Karena ada kombinasi yan…

KONSEP INTI MELEK MEDIA (MEDIA LITERACY)

Image
Menurut Center for Literacy Media di Santa Monica, California, AS, ada lima konsep inti dalam melek media:

1.Semua pesan media dikonstruksi
2.Pesan-pesan media dikonstruksi menggunakan bahasa kreatif dengan aturan-aturannya sendiri
3.Orang yang berbeda mengalami pesan media yang sama secara berbeda
4.Media memiliki nilai-nilai dan sudut pandang yang melekat padanya
5.Sebagian besar pesan media dikonstruksi untuk memperoleh profit dan/atau kekuasaan

Semua pesan media dikonstruksi

Tayangan yang muncul di layar TV sudah melalui proses panjang, yang melibatkan aktor-aktor seperti: reporter, kamerawan, produser, presenter, editor, dsb. Hasil akhir yang dilihat penonton bukanlah sesuatu teks yang obyektif ataupun alamiah (apa adanya). Banyak keputusan terkait dengan proses penciptaan sebuah teks, dan audiens hanya melihat hasil akhirnya. Audiens tidak mengetahui ide atau gagasan-gagasan yang tertolak dalam proses penciptaan tersebut, yang mungkin bisa menghasilkan variasi yang tak terhingga…

KONSEP TENTANG AUDIENS MEDIA

Image
Audiens media secara sederhana dan universal diartikan sebagai: sekumpulan orang yang menjadi pembaca, pendengar, pemirsa berbagai media atau komponen isinya.

Asal sejarahnya, audiens adalah sekumpulan penonton drama, permainan, dan tontonan. Yaitu, penonton ”pertunjukan.” Pengertian ”pertunjukan” ini tentu bervariasi di setiap zaman dan peradaban yang berbeda. Namun beberapa ciri penting audiens tetap sama.

Suasana lingkungan bagi audiens (teater, aula, gereja) seringkali dirancang dengan indikasi peringkat dan status.

Dengan ditemukannya mesin percetakan, audiens ini pun bertambah dengan ”publik pembaca.” Lalu muncul media elektronik, yang memisahkan audiens yang satu dengan yang lain, serta memisahkan audiens dari pemberi pesan.

Dualitas hakikat audiens:

1. Ia merupakan kolektivitas, yang terbentuk sebagai tanggapan terhadap isi media, dan didefinisikan berdasarkan perhatian pada isi media itu. Contoh: penggemar grup musik Slank, penggemar karya Pramoedya Ananta Toer, dan penggema…

LEGENDA HOEGENG: MENOLAK SUAP SUATU KEHORMATAN

Image
Penulis: Panda Nababan

Pertama kali saya berurusan dengan polisi dan “berkenalan” dengan Hoegeng. Saat itu, saya baru berusia 17 tahun, tepatnya pada tahun 1961 di Kota Medan. Sebagai remaja yang sering dijuluki “Preman”, malam itu saya terlibat dalam perkelahian antargeng berdarah di sekitar Polonia, hingga merusak tempat itu.

Selesai berkelahi, kami berkumpul di Jalan Jokya, di mana ada tukang rokok berjualan. Selagi asyik bercerita tentang “kejagoan” setelah perkelahian, tiba-tiba ada seorang lelaki naik sepeda membeli rokok. Ia agak lama berdiri di depan kios, sambil menawar rokok yang mau dibeli.

Lima belas menit kemudian setelah lelaki bersepeda itu pergi, tiba-tiba satu regu polisi, pakai topi waja cokelat datang. Ternyata mereka Polisi Perintis Umum (P2U), satuan pemukul yang paling ditakuti preman pada waktu itu selain CPM (Corps Polisi Militer) yang bertopi waja putih.

Kami diangkut ke kantor polisi di jalan Bali dan dihadapkan kepada Kepala Reserse AKBP Hoegeng, lelaki pe…