Posts

Showing posts from October 24, 2011

Kriteria Penilaian Sebuah Karya Inovasi

Image
Ada sejumlah kriteria untuk menilai sebuah karya inovasi. Penilaian ini dilihat dari berbagai sudut pandang. Kriteria ini saya muat di blog saya, semoga bisa berguna sebagai alat bantu bagi rekan-rekan yang terlibat dalam penelitian atau proyek-proyek yang bertujuan menghasilkan karya inovatif. Berikut kriterianya:

A. Sisi Pandang : Innovator
Semakin orisinil idenya semakin baik
Nilai:
1)Ide serupa sudah umum / sudah sering saya dengar
2)Ide serupa sudah pernah saya dengar, termasuk di sektor bisnis lain
3)Sejauh saya tahu, ini ide baru di Indonesia
4)Sejauh saya tahu, ini ide baru bahkan mungkin di seluruh di dunia

B. Sisi Pandang : Kompetitor / Pesaing
Kemudahan ditiru adalah kelemahan dalam persaingan
Nilai:
1)Secara teknis mudah ditiru, praktis tidak ada “barrier of entry”
2)Secara teknis dapat ditiru, namun perlu keahlian teknis / peralatan tertentu
3)Secara teknis tergolong sulit ditiru, termasuk bisa dilindungi paten / formula rahasia
4)Tanpa bantuan sang inovator…

Mengumpulkan Serpihan yang Berserak dari Elektro'80 FTUI

Image
Tak terasa, tiga puluh tahun sudah berlalu, sejak saat aku dan teman-teman diterima kuliah di Jurusan Elektro FTUI tahun 1980 sampai saat aku menulis essay pendek ini, Juli 2010. Ada sejumlah kenangan berkesan yang kuperoleh dari pengalaman kuliah bersama teman-teman seangkatan di E’80. Mulai dari kenangan yang manis, yang mengharukan, yang kocak, dan macam-macam lagi, yang tak bisa disebutkan satu-persatu.

Aku yakin, semua mahasiswa E’80 juga punya pengalaman dan kesan sendiri-sendiri tentang masa itu. Sehingga rasanya jadi kurang adil, jika aku asyik menulis tentang pengalamanku sendiri yang bisa sangat subyektif dan personal, padahal aku diminta panitia untuk menulis tentang E’80 keseluruhan. Jadi, untuk tugas itu akan kucoba sebisanya mengumpulkan serpihan-serpihan ingatan, yang sebagian sudah tergerus oleh waktu.

Dari 60-an mahasiswa angkatan kami yang diterima di E’80, ceweknya ada lima. Memang sangat tidak proporsional dibandingkan jumlah cowoknya yang lebih dari 50 orang. Nam…