Posts

Showing posts from October 27, 2011

MUAMMAR QADDAFI - Sang Penguasa Libya (Riwayat, Trans TV, Sabtu 29 Oktober 2011, Pkl. 7.00 WIB)

Image
MUAMMAR QADDAFI – Sang Penguasa Libya
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 29 Oktober 2011, pukul 7.00 WIB

Kematian tragis pemimpin Libya, Muammar Qaddafi, di tangan pasukan perlawanan yang didukung NATO dan Amerika pada 20 Oktober 2011, telah mengakhiri suatu era, sekaligus juga mengawali babak baru bagi kehidupan rakyat Libya. Setelah sekitar 42 tahun hidup di bawah pemerintahan Qaddafi, masih belum jelas apakah rakyat Libya akan hidup tenteram, atau justru mengalami pergolakan berkepanjangan seperti Irak dan Afganistan.

Yang jelas, kepemimpinan Muammar Abu Minyar al-Qaddafi, yang lahir pada 7 Juni 1942 di Sirte, Tripolitania, telah memberi warna tersendiri bagi negeri kaya minyak di Afrika Utara itu. Sebagai anak termuda, yang lahir dari keluarga miskin badawi di darah gurun pasir, Qaddafi pelan-pelan menanjak karirnuya. Terutama sejak tamat kuliah di Universitas Libya dan masuk akademi militer pada 1963.

Sejak muda, Qaddafi sangat mengidolakan tokoh nasionalis Arab asal Mesir, G…

JFK, INDONESIA, CIA DAN FREEPORT (Sumber Masalah di Papua)

Image
Salam kebangsaan yg terhina,

Akhir tahun 1996, sebuah tulisan bagus oleh Lisa Pease yang dimuat dalam majalah Probe. Tulisan ini juga disimpan dalam National Archive di Washington DC. Judul tulisan tersebut adalah “JFK, Indonesia, CIA and Freeport.”

Walau dominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Dalam tulisannya, Lisa Pease mendapatkan temuan jika Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangkrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.

Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Menurut Lisa Pease, berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun berkali-kali pula menemui kegaga…

MENGRITIK KEBOBROKAN MEDIA TELEVISI (Resensi Buku "The Freak Show")

Image
Resensi Buku:
Mengritik Kebobrokan Media Televisi

Judul : The Freak Show: Bukan Perempuan Tontonan
Pengarang : Rino Sutan Sinaro
Tebal : 124 halaman.
Penerbit : QuickSTART Foundation, Jakarta, 2011.

Oleh Satrio Arismunandar


Banyak cara untuk bercerita, menyampaikan pesan, berkampanye, atau bahkan memberi advokasi. Mulai dari cara yang runut, lurus, konvensional, sampai ke cara yang meloncat-loncat, unik, atau tidak biasa. Novel The Freak Show (TFS), yang ditulis oleh motivator dan career coach Rino Sutan Sinaro, adalah termasuk jenis yang kedua.

TFS dapat disebut ”novel advokasi,” yang cara penuturan kisahnya tidak memenuhi aturan konvensional. Cerita novel yang bersetting dunia pertelevisian ini disajikan dalam bab-bab tertentu, berselang-seling dengan bab-bab lain, yang menyajikan cuplikan berbagai program televisi, program radio, dan kutipan artikel suratkabar.

Program-program televisi itu sendiri, mulai dari berformat talkhow, siaran iklan, sampai sinetron mini seri, sebenarnya…