Posts

Showing posts from November 18, 2011

Bertanya ke Ustadz tentang Keadilan Tuhan

Image
Saya bertemu seorang Ustadz tak terkenal, dan bertanya tentang keadilan Tuhan. Kenapa sih di Indonesia ada orang yang kaya banget, dan ada yang miskin banget.

Yang korupsi petantang-petenteng. Rakyat lain hidup sulit, meski jujur dan kerja keras. Kok nggak dibikin makmur saja semua rakyat Indonesia yang berada di bawah rezim neoliberal ini.

Sang Ustadz tersenyum. "Pertanyaan sampeyan mirip-mirip pertanyaan murid SD, yang bertanya: Mengapa di dunia binatang itu kok ada bebek, sapi, kerbau, babi, macan, gajah, burung beo, ikan, singa, jerapah, komodo, dsb... Kok Tuhan tidak menciptakan seluruh binatang di dunia cuma satu jenis, yaitu kambing saja..." jawabnya.

Jakarta, 18 November 2011
Satrio Arismunandar

Perlukah Perkawinan Ibas Yudhoyono - Aliya Rajasa Diliput Media?

Image
Kalau Ibas Yudhoyono bukan anaknya Presiden SBY dan Aliya bukan putrinya Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, maka perkawinan Ibas-Aliya akan menjadi perkawinan biasa saja, seperti ribuan perkawinan yang terjadi tiap hari, dan tidak diliput media. Apalagi jadi liputan eksklusif di media TV.

Dampak perkawinan itu juga tak penting-penting amat buat rakyat. Mereka lebih pusing dengan meningkatnya harga kebutuhan pokok sehari-hari, naiknya biaya pendidikan, mahalnya sarana kesehatan, dan lain-lain.

Jadi liputan media terhadap "perkawinan agung" Ibas-Aliya pada dasarnya adalah liputan elitis. Tapi liputan ini memang cocok dengan salah satu kriteria kelayakan berita menurut teori jurnalistik: orang terkenal menjadi berita karena keterkenalannya, bukan karena arti pentingnya buat rakyat.

Tetapi, sebagai sesama warga Indonesia, saya tentu mengucapkan selamat menempuh hidup baru buat Ibas dan Aliya, semoga bahagia. Tetapi maaf, saya tidak bisa datang ke resepsi…

IMELDA MARCOS - Saksikan di Riwayat, Trans TV, Sabtu 19 Nov, Pkl.7.00 WIB

Image
IMELDA MARCOS – Si ”Kupu-Kupu Besi” dari Filipina
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 19 November 2011, pukul 7.00 WIB


Siapa tak kenal Imelda Marcos? Kombinasi kecantikan, kekuasaan, ketenaran, dan kekayaan pernah dimiliki mantan ratu kecantikan dan istri Presiden Filipina ke-10 Ferdinand Marcos ini. Imelda, yang diberi berbagai jabatan pemerintahan oleh suaminya, adalah perempuan yang mewarnai panggung politik Filipina di era kekuasaan otoriter Presiden Marcos.

Gaya hidupnya yang suka pesta dan menghamburkan uang, serta memiliki sampai 3.000 pasang sepatu, sering menjadi pemberitaan media. Tetapi, Imelda, yang saat ini masih aktif di politik (ia menjadi anggota DPR Filipina mewakili distrik kedua Ilocos Norte), memang bukan perempuan sembarangan. Ia dipercaya Marcos melakukan misi diplomatik penting, untuk membujuk pemimpin Libya Muammar Qaddafi, agar berhenti mendukung gerakan separatis di Filipina.

Kisah hidup Imelda yang penuh warna, mulai dari kebangkitan, pasang-surutnya, sam…