Posts

Showing posts from December 28, 2011

Essay - SIAPAKAH KITA?

Image
Siapakah orang yang paling sibuk?
Orang yang paling sibuk adalah orang yang suka menyepelekan waktu sholatnya, seolah-olah ia harus mengurus kerajaan sebesar kerajaan Nabi Sulaiman a.s

Siapakah orang yang manis senyumannya?
Orang yang mempunyai senyuman yang manis adalah orang yang ditimpa musibah lalu dia berkata "Inna lillahi wainna illaihi rajiuun." Lalu sambil berkata,"Ya Rabb, Aku ridha deng...an ketentuanMu ini", sambil mengukir senyuman.

Siapakah orang yang kaya?
Orang yang kaya adalah orang yang bersyukur dengan apa yang ada dan tidak lupa akan kenikmatan dunia yang sementara ini.

Siapakah orang yang miskin?
Orang yang miskin adalah orang yang tidak puas dengan nikmat yang ada, selalu menumpuk-numpukkan harta.

Siapakah orang yang rugi?
Orang yang rugi adalah orang yang sudah sampai usia pertengahan namun masih berat untuk melakukan ibadah dan amal-amal kebaikan.

Siapakah orang yang paling cantik?
Orang yang paling cantik adalah orang yang mempunyai akhlak y…

Essay - MALING, POLISI DAN WARTAWAN

Image
Untuk bisa menangkap maling yang lihay, polisi harus memahami cara berpikir maling, bahkan harus bisa berpikir seperti maling.... Maka batas antara maling dan polisi sebetulnya sangat tipis, tergantung pilihan pemihakan saja.

Kalau Anda memilih kebejatan, Anda jadi maling lihay yang memahami cara berpikir polisi/penegak hukum. Kalau Anda memilih kebajikan, Anda jadi polisi yang memahami cara berpikir maling.

Namun, mungkin yang paling hebat adalah wartawan. Karena untuk bisa menulis tentang kebaikan dan kejahatan, Anda harus memahami cara berpikir maling dan cara berpikir polisi, tanpa harus menjadi salah satu dari mereka.....

Jakarta, Desember 2011
Satrio Arismunandar

Jangan Selalu Melihat Tulisanku dari Perspektif Jurnalistik...

Image
Profesi wartawan yang kusandang membuat orang sering mengaitkan tindakanku dan tulisanku dengan kewartawanan.

Kalau aku bikin pernyataan atau memposting sesuatu di suatu milis atau di Facebook, kadang-kadang ada saja yang berkomentar "kok tulisan Anda tidak mengikuti kaidah 5W+1H" atau "sebagai wartawan senior seharusnya Anda cek dan recek dulu sebelum memposting" atau "tulisan Anda sepihak, tidak balance," dan sebagainya...

Padahal aku sedang melakukan gerilya politik, promosi diri, pencitraan, penggalangan, kampanye, agitasi-propaganda, dan sebagainya... Komentar-komentar mereka jadi tidak nyambung.

Mohon maaf, aku jadi malas kalau harus menanggapi atau menjelaskan panjang lebar pada pemberi komentar semacam itu, karena pada dasarnya mereka hanyalah "orang-orang yang baik" dan "berpikir lurus"....

Jakarta, Desember 2011
Satrio Arismunandar