BARACK OBAMA - Saksikan Kisahnya di Riwayat Trans TV, Sabtu 14 Jan 2012, Pkl.7.00 WIB


BARACK HUSSEIN OBAMA – Presiden Kulit Hitam Pertama di AS
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 14 Januari 2012, pukul 7.00 WIB


Menjadi Presiden AS itu sebenarnya seperti menjadi Presiden dunia. Hal ini terasa karena posisi dan pengaruh AS sebagai negara adidaya, yang memiliki kekuatan militer dan ekonomi terbesar di dunia. Itulah sebabnya, dunia ikut gempar dan merasakan euforia ketika Barack Hussein Obama, seorang warga kulit hitam, terpilih menjadi Presiden ke-44 Amerika. Ini sejarah baru karena dunia politik AS biasanya didominasi kalangan WASP (White, Anglo-Saxon, Protestant).

Lahir di Honolulu, Hawaii, pada 4 Agustus 1961, Obama meraih pendidikan di Columbia University dan Harvard University. Ia menjadi aktivis sosial, sebelum menjadi Senator dari Illinois. Empat tahun menjadi Senator, Obama akhirnya terpilih menjadi Presiden AS. Ia dengan Wakil Presiden Joe Biden dilantik pada 20 Januari 2009.

Munculnya Obama di tampuk kepemimpinan AS mendapat reaksi hangat di Indonesia. Obama kecil memang pernah tinggal di Jakarta bersama ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, sekitar tahun 1967-1971. Ayah kandung Obama, yakni mendiang Barrack Hussein Obama, Sr, adalah muslim asal Kenya yang menikahi Ann Dunham di Hawaii, tapi lalu mereka berpisah ketika Obama yunior masih berusia 2 tahun.

Ketika awal berkuasa, Obama menjanjikan bentuk hubungan baru antara AS dan dunia Islam. Semula begitu banyak harapan ditujukan pada Obama, dan ini terwujud dalam bentuk pemberian penghargaan Nobel Perdamaian untuk Obama. Namun, realitas politik domestik Amerika, yakni ketergantungan Obama pada dana dan dukungan lobi Yahudi, membuat langkah Obama untuk mendamaikan Palestina dan Israel jadi tersendat. Karena pertimbangan pragmatis, Obama tak bisa tegas terhadap kesewenang-wenangan dan pelanggaran HAM, yang terus-menerus dilakukan Israel.

Pemilihan presiden AS mendatang menjadi tantangan tersendiri bagi Obama. Apakah ia bisa terpilih lagi, atau cukup satu masa jabatan saja? Perjalanan hidup Obama yang penuh kisah menarik ini dapat disaksikan di program Riwayat, Sabtu, pukul 7.00 WIB, hanya di Trans TV.

Jakarta, 13 Januari 2012

Satrio Arismunandar
Executive Producer, Divisi News Trans TV
HP: 0819 0819 9163

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI