SADDAM HUSSEIN - Saksikan Kisahnya di Riwayat Trans TV, Sabtu 7 Jan 2012, pkl. 7.00 WIB


SADDAM HUSSEIN – Pemimpin Irak yang Berani Melawan AS dan Israel
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 7 Januari 2012, pukul 7.00 WIB


Pemimpin Arab yang dua kali terlibat dalam perang melawan militer Amerika dan para sekutunya di Timur Tengah adalah Saddam Hussein. Saddam Hussein Abd al-Majid al-Tikriti adalah Presiden kelima Irak, yang menjabat sejak 16 Juli 1979 sampai kejatuhannya pada 9 April 2003. Meski dikenal sebagai pemimpin otoriter yang ditakuti, Saddam juga dikagumi oleh rakyat di dunia Arab, karena keberaniannya melawan AS dan Israel.

Saddam --yang beretnis Muslim Sunni-- lahir di al-Awja, 13 km dari kota kecil Tikrit, Irak, pada 28 April 1937. ”Saddam” dalam bahasa Arab berarti ”orang yang keras kepala” atau ”dia yang menentang”. Ia adalah tokoh Partai Ba’ath Irak, yang menganjurkan nasionalisme Pan-Arab yang sekular, modernisasi ekonomi, dan sosialisme Arab. Saddam berperan penting dalam kudeta tak berdarah 1968, yang menaikkan Partai Ba’ath ke kekuasaan di negeri penghasil minyak tersebut.

Memerintah dengan tangan besi, dan sering dituduh melakukan pelanggaran HAM dalam skala luas, Saddam menjadikan Irak negara yang kuat secara militer. Irak terlibat dalam perang melawan Iran pada 1980-1988. Serbuan Irak ke Kuwait pada 2 Agustus 1990, memicu terjadinya Perang Teluk 1991, yang menghancurkan ekonomi Irak. Tetapi Saddam tetap bertahan di kekuasaan, meski pada 1991 terjadi pemberontakan warga Kurdi di sebelah utara dan warga Syiah di selatan Irak.

Dengan tuduhan bohong bahwa Irak menyembunyikan senjata pemusnah massal, AS kembali menyerbu Irak pada 2003. Nasib Saddam kali ini berakhir tragis. Pada 13 Desember 2003, Saddam ditangkap oleh pasukan AS yang menginvasi Irak. Ia dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di bawah pemerintahan baru Irak yang didukung AS, dan lalu dieksekusi pada 30 Desember 2006.

Perjalanan hidup Saddam yang dramatis dan penuh gejolak ini dapat disaksikan di program Riwayat, Sabtu, pukul 7.00 WIB, hanya di Trans TV.

Jakarta, 4 Januari 2012

Satrio Arismunandar
Executive Producer, News Division Trans TV
HP: 0819 0819 9163

Comments

semoga beliau mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya ....
IpotNews said…
Blog Pak Satrio ini sangat menarik, padat informasi dan pengalaman. Berbagi tapi tidak menggurui. Salam sukses dari kami

Sila kunjungi blog http://ipotnews.blogspot.com/ atau klik situs berita www.ipotnews.com untuk mendapatakan informasi seputar ekonomi, bisnis, bursa, dan teknologi terkini. Terima kasih

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)