Sinopsis dan Konsep Program SEPENGGAL SEJARAH - News Trans TV


Sepenggal Sejarah adalah sebuah program magazine dokumenter berdurasi 30 menit, yang dibuat oleh Divisi News Trans TV. Program ini mengangkat berbagai peristiwa dalam sejarah, baik yang terjadi di Indonesia maupun di negara-negara lain, berdasarkan tanggal kejadiannya. Selalu ada peristiwa yang patut diangkat untuk setiap tanggal di kalender, meskipun dengan tahun kejadian yang berbeda-beda.

Diupayakan, penyajian kisah-kisah itu bersifat utuh, bukan sekadar kaleidoskop. Hal ini karena sebuah peristiwa sejarah pada dasarnya tidaklah terjadi dalam ruang vakum, tetapi terjadi dalam konteks situasi tertentu. Peristiwa itu pastilah juga tidak berdiri sendiri, tetapi terkait dengan peristiwa-peristiwa lain.

Yang diangkat di program Sepenggal Sejarah bukan cuma peristiwa yang “berat” dan “serius,” seperti peristiwa sosial-politik dan ekonomi. Tetapi bisa juga peristiwa yang menyangkut perkembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kebudayaan, sastra, dan film. Selain itu, bisa juga peristiwa yang mengandung drama kemanusiaan, seperti bencana alam tsunami, gempa bumi, kecelakaan pesawat terbang, tenggelamnya kapal penumpang, dan sebagainya.

Sepenggal Sejarah dijadwalkan tayang perdana pada Senin, 9 Januari 2012. Seterusnya, program ini akan tayang setiap Senin sampai Jumat, pukul 16.30 WIB.

Perbedaan Sepenggal Sejarah dengan program dokumenter Riwayat, yang tayang tiap Sabtu pagi pukul 7.00 WIB, adalah Riwayat mengangkat person atau individu yang muncul dalam sejarah. Seperti: Soekarno, Hatta, Soeharto, Nelson Mandela, Che Guevara, Bunda Teresa, Imelda Marcos, Barack Obama, David Beckham, Rudy Hartono, dan sebagainya.

Sedangkan Sepenggal Sejarah lebih berfokus pada peristiwanya. Seperti: Proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, jatuhnya bom atom di Hiroshima, awal pecahnya perang di Bosnia-Herzegovina, invasi militer Amerika ke Irak, bencana tsunami di Aceh, jatuhnya pesawat Garuda di Yogyakarta, tenggelamnya kapal Tampomas, dan sebagainya. ***


Jakarta, 5 Januari 2012.

Satrio Arismunandar
Executive Producer, News Division Trans TV
HP : 0819 0819 9163

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)