WorLD: Pengembangan Profesi Guru sebagai Tonggak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Pendidikan


WorLD: Pengembangan Profesi Guru sebagai Tonggak Penggunaan ICT dalam Pendidikan

Program The World Links for Development (WorLD) dimulai di Uganda pada 1997 di bawah pengawasan Institut Bank Dunia. Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah, untuk membawakan manfaat dari Internet dan WWW ke sekolah-sekolah menengah di suatu negara.

Program The WoRLD memiliki tiga komponen: Konektivitas, Pelatihan, dan Pemantauan dan Evaluasi. Sementara banyak organisasi internasional dan lokal terfokus pada pemberian teknologi ke sekolah-sekolah, WorLD selama bertahun-tahun telah membangun reputasi yang mengesankan sebagai salah satu dari penyedia utama layanan pengembangan profesi bagi guru, administratur sekolah, dan pengambil kebijakan di negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Program Pengembangan Profesi WorLD Bagi Guru, yang disampaikan terutama lewat tatap-muka oleh pelatih internasional dan lokal, dengan online susulan, terbagi dalam lima tahap:

Tahap 1. Melek Komputer
Tujuan: Untuk mengenalkan dasar-dasar teknologi komputer dan membantu peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan melek komputer dasar.

Tahap 2. Pengenalan ke Internet untuk Pengajaran dan Pembelajaran

Tujuan: Mengenalkan konsep-konsep mendasar, teknologi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memperkenalkan teknologi jejaring dan Internet untuk pengajaran dan pembelajaran; memprakarsai diskusi tentang kemungkinan-kemungkinan baru, membangkitkan proyek-proyek email dasar.

Tahap 3. Pengenalan ke Proyek-proyek Pembelajaran Telekolaboratif
Tujuan: Pengenalan ke telekolaborasi edukasional --dari struktur aktivitas ke penciptaan, desain, implementasi dan penyebaran proyek-proyek orisinal.

Tahap 4: Kurikulum dan Integrasi Teknologi

Tujuan: Mengembangkan keterampilan dan pemahaman tentang bagaimana mencipta, memadukan dan memfasilitasi praktik-praktik ruang kelas yang inovatif, yang memadukan teknologi jejaring dan kurikulum.

Tahap 5: Inovasi: Pedagogi, Teknologi dan Pengembangan Profesi

Tujuan: Mengembangkan keterampilan dan pemahaman tentang bagaimana mengevaluasi dan menyebarkan praktik-praktik ruang kelas yang inovatif, seraya menangani keprihatinan sosial dan etis.

WorLD juga telah mengembangkan model-model pelatihan bagi pembuat kebijakan tentang manajemen ICT edukasional dan tentang telecenter.

WoRLD saat ini aktif di lebih dari 20 negara di Afrika, Amerika Latin, dan Asia Selatan. Sudah dicanangkan untuk menggelindingkan programnya di Asia Tenggara – di Kamboja, Laos, Vietnam, Indonesia dan Filipina —pada 2003.

Sumber: WorLD. Program Profile. 2001.

Diterjemahkan oleh Satrio Arismunandar - 081908199163

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI