JOHN F. KENNEDY - Saksikan di Riwayat Trans TV, Sabtu 3 Maret 2012, pkl 7.00 WIB


JOHN F. KENNEDY – Presiden AS yang Jadi Korban Konspirasi
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 3 Maret 2012, pukul 7.00 WIB


”Jangan tanyakan apa yang diberikan negara padamu, tapi tanyakan apa yang telah kau berikan pada negaramu.” Ini adalah ucapan Presiden Amerika ke-35, John Fitzgerald Kennedy --sering disingkat dengan JFK-- yang sering dikutip orang, untuk membangkitkan rasa patriotisme.

Lahir dari keluarga Katolik Irlandia di Brookline, Massachusetts, 29 Mei 1917, Kennedy mendapat pendidikan keras dari sang ayah. Sang ayah ingin menanamkan jiwa kompetitif pada anak-anaknya. Setelah menapak karir sebagai senator muda Massachusetts, karir Kennedy pun mulai bersinar. Pada 1960, ia menjadi orang termuda yang terpilih jadi Presiden AS.

Wajah tampan, muda, cerdas, berani, flamboyan, dan menyukai wanita, adalah sejumlah ciri Kennedy. Banyak masalah berat dihadapi Kennedy selama menjadi Presiden. Di dalam negeri, keinginannya untuk memberikan hak sipil bagi warga kulit hitam, membuat ia dibenci sejumlah kalangan.

Sedangkan di luar negeri, Perang Dingin dengan Uni Soviet merupakan isu utama yang harus dihadapi. Penempatan senjata nuklir Soviet di Kuba menimbulkan krisis, yang nyaris menyebabkan perang nuklir antara AS dan Soviet. Masalah berat lain yang harus ditangani Kennedy adalah keterlibatan AS dalam perang Vietnam.

Pemerintahan Kennedy juga terkait erat dengan perjalanan bangsa Indonesia. Pada April 1961, Presiden Soekarno mengunjungi AS atas undangan Kennedy. Di Indonesia, saat itu posisi Partai Komunis Indonesia (PKI) sangat kuat. Kennedy khawatir, Indonesia akan dikuasai komunis. Soekarno dengan cerdik memanfaatkan hal itu, dengan meminta dukungan AS bagi pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda.

Sayang, karir cemerlang Kennedy tidak berlangsung panjang. Ia tewas ditembak dalam kunjungannya ke Dallas, Texas pada 22 November 1963. Saat itu ia sedang berusaha mencari dukungan bagi pencalonan dirinya sebagai presiden, untuk masa jabatan kedua. Banyak kisah konspirasi tingkat tinggi, tentang pihak-pihak yang terlibat dalam terbunuhnya Kennedy.

Berbagai sisi menarik dari kehidupan John F. Kennedy, termasuk affair-nya dengan sejumlah wanita cantik, dapat disaksikan di program Riwayat, Sabtu, pukul 7.00 WIB, hanya di Trans TV.


Jakarta, 2 Maret 2012

Satrio Arismunandar
Executive Producer, News Division -Trans TV
HP: 0819 0819 9163

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)