Posts

Showing posts from January 19, 2012

TEKNIK PENULISAN ESSAY OPINI

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Banyak orang merasa punya segudang ide atau opini tentang suatu hal atau masalah. Mulai dari hal/masalah yang menyangkut seni, budaya, ilmu pengetahuan, ekonomi, politik, fenomena sosial, dan sebagainya. Persoalannya, kita sering menghadapi kesulitan dalam menuangkan ide atau opini tersebut dalam bentuk tulisan atau esei (essay). Padahal, lewat tulisan tersebut kita berharap bisa menyebarkan ide atau opini itu ke khalayak yang lebih luas, melalui media massa.

Essay adalah sebentuk tulisan yang sering ditulis dari sudut pandang pribadi seseorang. Tujuan utama dari setiap essay adalah penyampaian pesan yang jelas, padat dan utuh.

Penulisan essay itu sendiri adalah proses yang melibatkan pengorganisasian informasi dan opini. Informasi yang dimaksud di sini tentunya harus berlandaskan fakta, bukan khayalan. Maka penulis essay harus memahami dulu, apa perbedaan antara pernyataan faktual dan opini.

Pernyataan faktual adalah pernyataan yang bisa dibuktikan benar-tida…

DIEGO MARADONA - Riwayat Trans TV, Sabtu 21 Jan 2012, Pkl.7.00 WIB

Image
DIEGO MARADONA – Pahlawan Sepakbola Argentina
Saksikan di RIWAYAT, Trans TV, Sabtu, 21 Januari 2012, pukul 7.00 WIB


Anda boleh tidak setuju, tetapi banyak orang berpendapat, salah satu pesepakbola terbaik dunia dalam seabad terakhir ini adalah Diego Armando Maradona. Pahlawan sepakbola Argentina ini layak disejajarkan dengan pemain seperti Pele, Johan Cruyff, dan Christian Vieri.

Lahir dari keluarga miskin di Buenos Aires, Argentina, pada 30 Oktober 1960, Maradona adalah anak keempat dari enam bersaudara. Bakatnya dalam sepakbola sudah terlihat sejak usia 10 tahun. Pada usia 12 tahun, ia menjadi maskot klub Argentinos Juniors. Ketika berusia 18 tahun, ia berpartisipasi pada Piala Dunia Junior di Jepang.

Pada 1981, Maradona dibeli oleh klub Boca Juniors. Setelah unjuk kemampuan di pentas Piala Dunia 1982, ia ditransfer ke FC Barcelona dengan harga 5 juta poundsterling, rekor transfer termahal saat itu. Maradona lalu ditransfer ke SSC Napoli tahun 1984 dan mengantar klub itu menjadi J…