Posts

Showing posts from January 20, 2012

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Bidang Pendidikan - Kasus Thailand

Image
Konten adalah Raja: Pelajaran dari Thailand

Tiga tahun sesudah penerapan pada 1995, SchoolNet Thailand, sebuah proyek gabungan Pusat Teknologi Komputer dan Elektronika Nasional (NECTEC), Organisasi Telepon Thailand, Otoritas Komunikasi Thailand, dan Kementerian Pendidikan, menyadari adanya masalah yang sebelumnya tidak mereka perkirakan.

Sesudah membangun jejaring infrastruktur pendidikan di Thailand yang menghubungkan 152 SMP lokal ke Internet, diketahui bahwa sekolah-sekolah itu sulit menggunakan Internet sebagai alat belajar-mengajar.

Tampaknya, kurangnya sumber online yang berkualitas untuk edukasi dalam bahasa lokal –Thai— telah mengurangi minat penggunaan Internet di kalangan siswa dan guru. Maka SchoolNetThailand harus memperluas apa yang tadinya dianggap sebagai program “akses universal,” agar mencakup pengembangan konten –disempurnakan lewat pelatihan—dalam bahasa Thai.

Pada September 1998, SchoolNet Thailand menugaskan Universitas Kasetstart dan Institut untuk Promosi Pen…

WorLD: Pengembangan Profesi Guru sebagai Tonggak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Pendidikan

Image
WorLD: Pengembangan Profesi Guru sebagai Tonggak Penggunaan ICT dalam Pendidikan

Program The World Links for Development (WorLD) dimulai di Uganda pada 1997 di bawah pengawasan Institut Bank Dunia. Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah, untuk membawakan manfaat dari Internet dan WWW ke sekolah-sekolah menengah di suatu negara.

Program The WoRLD memiliki tiga komponen: Konektivitas, Pelatihan, dan Pemantauan dan Evaluasi. Sementara banyak organisasi internasional dan lokal terfokus pada pemberian teknologi ke sekolah-sekolah, WorLD selama bertahun-tahun telah membangun reputasi yang mengesankan sebagai salah satu dari penyedia utama layanan pengembangan profesi bagi guru, administratur sekolah, dan pengambil kebijakan di negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Program Pengembangan Profesi WorLD Bagi Guru, yang disampaikan terutama lewat tatap-muka oleh pelatih internasional dan lokal, dengan online susulan, terbagi dalam lima tahap:

Tahap 1. Melek Komputer
Tujuan: Untuk menge…

Apakah Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) akan Menggantikan Peran Guru?

Image
Apakah ICT akan Menggantikan Guru?

Jawabannya adalah tegas: TIDAK! Faktanya, dengan pengenalan ICT di ruang kelas, peran guru dalam proses pembelajaran bahkan menjadi lebih dipentingkan. Yang dapat dan seharusnya berubah adalah jenis peran yang dimainkan guru. Peran siswa pada gilirannya juga berkembang.

Karena ICT dapat membuka ruang kelas ke dunia luar, komunitas juga dapat memainkan peran baru di ruang kelas. Manakala pembelajaran bergeser dari “model yang berpusat ke guru” menjadi “model yang berpusat ke peserta didik,” guru tidak lagi menjadi satu-satunya suara yang memiliki otoritas dan lebih bersifat sebagai fasilitator, mentor dan pembimbing (coach) – dari “orang bijak di panggung” menjadi “pemandu di samping.”

Tugas utama guru menjadi untuk mengajari siswa bagaimana mengajukan pertanyaan dan memposisikan problem, merumuskan hipotesis, melacak informasi, dan lalu secara kritis menilai informasi yang ditemukan dalam hubungannya dengan problem yang dihadapi. Dan mengingat pemb…

Tantangan Utama dalam Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) pada Bidang Pendidikan

Image
Dikutip dari "ICT in Education" karya Victoria L. Tinio, yang disusun sebagai bagian dari “ICT for Development,” proyek regional yang dilakukan oleh badan PBB, UNDP (United Nations Development Programme), Bureau for Development Policy. Yakni, melalui the Asia-Pacific Development Information Programme (APDIP) yang bekerjasama dengan Sekretariat ASEAN. Paper ini ditampilkan dalam acara the World Summit on the Information Society. (Bab V, halaman 22-26).

Secara umum, penggunaan ICT dalam pendidikan harus mengikuti penggunaan dalam masyarakat, bukan mendahuluinya. Program pendidikan yang menggunakan teknologi terkini jarang mencapai kesuksesan jangka panjang. Lebih mudah dan lebih murah untuk memperkenalkan sebentuk teknologi dalam pendidikan, dan menjaganya agar tetap bekerja, di mana pendidikan itu mengikuti pembangunan skala-besar dari pemerintah atau sektor swasta. Televisi bekerja untuk pendidikan ketika ia mengikuti ketimbang mendahului penggunaan televisi untuk hiburan.

Ap…