Bertanya tentang Keadilan Tuhan (Ustadz Kreatif)


Ustadz di komplek perumahan saya di Depok ditanya tentang keadilan Tuhan. Kok ada orang yang jelas-jelas jahat dan bajingan, tetapi hidupnya enak dan nyaman banget. Sedangkan di sisi lain ada orang yang hatinya baik, rajin beribadah dan beramal, kok hidupnya susah. Di mana letak keadilan Tuhan?

Jawab ustadz, orang baik yang rajin beramal itu dalam hidupnya pernah melakukan sedikit dosa dan kesalahan, sehingga ia diberi hukuman di dunia sebagai penebus dosa. Sehingga nanti di akherat, dia akan menerima pahala dan kenikmatan tak terhingga, karena semua dosanya susah dibersihkan di dunia.

Sedangkan orang yang jahat dan durjana itu dalam hidupnya pernah melakukan sedikit kebaikan. Sebagai balasan atas sedikit kebaikan itu, Allah memberi ganjaran kenikmatan pada dirinya di dunia. Tetapi di akherat nanti, Allah akan memberi siksa yang sangat pedih, karena seluruh ganjaran untuk kebaikan orang ini sudah diberikan di dunia. Kita berlindung pada Allah SWT dari "kenikmatan dunia" yang penuh tipuan semacam ini...!"

Satrio Arismunandar
Februari 2013

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI