Pelatihan Penulisan untuk Jurnalis Tabloid JUBI, Papua



Pada tgl 1-2 Maret 2013 lalu saya diundang ke Jayapura oleh teman-teman wartawan Papua, untuk menjadi pemberi materi pada pelatihan penulisan untuk rekan-rekan yang mau menghidupkan lagi Tabloid Jubi. Majalah ini akan terbit bulanan, selain versi online (www.tabloidjubi.com) yang sudah ada.

Persiapan redaksional majalah ini sekitar 1,5 bulan. Sudah membahas rubrikasi, perencanaan berita hingga isu yang akan diangkat. Konsep majalah ini adalah majalah analisa dan features. Porsi 25% content majalah adalah analisa dan 75% adalah features dan softnews.

Dalam dua hari pelatihan itu, dibahas elemen dan struktur berita berbentuk berita analisa dan features, nilai berita berbentuk berita analisa dan features. Juga bagaimana menentukan isu/topik artikel majalah bulanan, membuat perencanaan berita analisa dan features, membuat TOR berita analisa dan features.

Jumlah wartawan yang ikut training ini sekitar 18 orang. Dalam pelatihan, terlihat para peserta sangat bersemangat. banyak pertanyaan dilontarkan. Saya percaya, jika mereka mau tekun berlatih dengan modal semangat ini, Jubi akan sukses. Karena versi onlinenya saja sudah lumayan mengundang perhatian. Semoga...."

Satrio Arismunandar
081286299061

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI