Anak Sangat Haus Pelukan dan Kasih Sayang


Anak sangat membutuhkan kasih sayang, dan pelukan merupakan ekspresi kasih sayang. Anda mungkin akan merasa lebih jelas akan arti kasih sayang dengan melihat foto ini. Ini adalah seorang bocah Irak yang tinggal di panti asuhan, karena kedua orangtuanya sudah meninggal. Mungkin akibat konflik berkepanjangan di negeri itu pasca invasi Amerika ke sana, entahlah.

Anak ini begitu haus kasih sayang ibu (yang tidak lagi diperolehnya), sehingga ia menggambar figur seorang ibu dan lalu tidur di "dekapan penuh kasih sayang" dari gambar ibu yang ia bikin sendiri itu.... Mengharukan sekali.

Saya pernah mendengar kisah mirip ini dari ibunda saya, ketika beliau mengunjungi Yayasan Sayap Ibu, sebuah yayasan independen di Jl. Barito II No.55, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Yayasan ini mengasuh, merawat, mendidik, menyantuni, serta memberikan masa depan bagi anak-anak terlantar. Baik yang tidak diketahui siapa orangtuanya (banyak anak hasil hubungan gelap yang ditinggal di rumah sakit, atau dibuang begitu saja oleh ibu/orang tuanya ketika masih bayi), atau yang diserahkan oleh orangtuanya yang merasa tidak mampu.

Ada beberapa orang yang datang ke Yayasan, sengaja untuk memilih anak untuk diadopsi. Nah, jika ada tamu yang datang dan ikut menemani anak-anak itu bermain, mereka senang sekali. Mereka tertawa ceria. Tetapi ketika sang tamu akhirnya pergi, mereka menangis. Mereka semua sangat ingin diajak pergi. Mereka sangat ingin berada dalam pelukan seorang ibu atau orangtua yang menyayangi...

Jakarta, Mei 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI