Hidup Kita Sekarang Terasa Lebih Aneh dari Fiksi


Hidup di Indonesia ternyata lebih aneh dari fiksi atau sinetron... (stranger than fiction, kata orang Inggris). Sejauh yang saya tahu, belum ada tuh film nasional atau sinetron di layar TV kita, yang mengisahkan hubungan seorang tokoh pria dengan sekitar 45 perempuan, yang disuapnya dengan uang hasil broker politik, mengambil fee dari praktik suap yang melibatkan pengusaha swasta, birokrat, dan politisi partai politik.

Atau suami yang sudah tua bangka punya istri 8, dan semua istri kompak tidak mau dicerai meski dikecam dari kanan-kiri. Terus ketika sebuah organisasi ulama Islam meminta lelaki tua ini untuk menceraikan 4 istrinya (agar hanya tersisa 4, jumlah maksimal yang diperbolehkan menurut syariat), para istri justru bilang akan menggugat secara hukum organisasi ulama tersebut!

Juga belum ada sinetron/film produksi Indonesia, Bollywood atau Hollywood yang mengisahkan seorang polisi pangkat rendahan bisa punya simpanan sebesar Rp 1,5 trilyun. Jumlah yang sangat fantastis. Kalau ada film semacam itu, pasti akan jadi sasaran kritik: "Bikin film kok jalan cerita atau skenarionya tidak masuk akal!"

Jakarta, 22 Mei 2013

Satrio Arismunandar

satrioarismunandar@yahoo.com

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)