Ide Membangun Kedamaian Antar-Umat Lewat Sepakbola


Dulu saya pernah punya ide, untuk memelihara, meningkatkan hubungan baik dan saling pengertian serta saling menghormati antar umat beragama, sering-seringlah diadakan pertandingan olahraga bersama, misalnya, sepak bola.

Tetapi, kesebelasannya harus campuran, jangan yang satu warna/agama/etnis dikumpulkan. Misalnya, jangan pertandingan kesebelasan Kristen vs Kesebelasan Islam. Kalau begitu akan tetap ada jarak, kubu-kubuan, bahkan bisa adu keras di lapangan. Tujuan pendekatan malah bisa kontraproduktif. Tetapi, Kesebelasan A harus terdiri dari campuran pemuda Islam dan Kristen melawan Kesebelasan B yang juga campuran pemuda Islam dan Kristen.

Nah, di dalam tiap kesebelasan itu akan didorong untuk saling bekerjasama, kompak berbagi tugas dalam merancang strategi pertandingan, berkomunikasi dengan cara yang baik sebagaimana layaknya sesama manusia yang beradab, saling menghargai sesama. Kalau sama-sama berangkat dari niat baik, siapa tahu cara ini bisa berhasil.

Jika antara warga Muslim dan Kristen bisa berjalan baik, nanti dikembangkan ke yang lain (Hindu, Buddha, Konghucu, Katolik, Syiah, dll). Ini cuma sekadar ide kasar. Entah, jika ada yang mau mendukung dan memfasilitasi!

Jakarta, 30 Mei 2013

Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)