Joke - Kisah Khrushchev, Castro, dan Paijo (Terkait Kenaikan Harga BBM)

Alkisah, (ini mungkin joke, saya lupa persisnya), dalam situasi Perang Dingin waktu itu, Kuba mengalami krisis pangan yang hebat. Maka pemimpin Kuba Fidel Castro terpaksa harus minta bantuan ke negara komunis sekutunya, Uni Soviet, yang waktu itu dipimpin Nikita Khrushchev.

Castro mengirim telegram singkat: "KAMI KELAPARAN. TOLONG SEGERA KIRIM GANDUM." Tak lama kemudian, Castro mendapat jawaban dari Khrushchev: "TIDAK ADA GANDUM. KENCANGKAN SAJA IKAT PINGGANG!" Castro tersinggung mendapat jawaban itu. Dia pun kirim telegram lagi: "KIRIM IKAT PINGGANG SEGERA!"

Nah, hal agak serupa terjadi pada Paijo, mantan karyawan sebuah stasiun TV swasta di Jakarta, yang sudah hampir setahun diminta mundur dari medianya, karena media TV bersangkutan melakukan perampingan karyawan.

Tetapi Paijo masih kenal dengan pemilik media TV itu, yang konon dekat dengan karyawan. Berkaitan dengan kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintah SBY, yang membuat harga sembako melonjak hebat, Paijo terpaksa minta bantuan pada mantan boss-nya itu.

Paijo pun mengirim SMS: "HARGA BBM NAIK. HIDUP SAYA SULIT. TOLONG KIRIM BANTUAN!" Tak berapa lama, SMS balasan datang dari mantan bossnya: "TIDAK ADA BANTUAN. ATUR PENGGUNAAN MOBIL PRIBADI, BIAR MENGHEMAT ONGKOS BBM."

Paijo tersinggung berat dengan SMS dari mantan boss-nya itu. Dia pun bikin pesan SMS balasan: "KIRIM SEGERA MOBIL PRIBADI!" (Notes: Selama lebih dari 10 tahun bekerja di media itu, rupanya Paijo belum mampu mencicil mobil pribadi).

Selamat menikmati harga baru BBM!

Jakarta, 17 Juni 2013

Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI