Kuis Standar Perilaku Sopan Buat Pengguna KRL Commuter Jakarta-Depok

Anda pekerja kantoran Jakarta, yang tinggal di Bogor, sehingga pulang lembur harus naik kereta Commuter yang tarifnya Rp 9.000 itu. Nah, suatu hari karena pulang terlambat (di atas pukul 21.30) kereta agak sepi, dan Anda bisa duduk nyaman. Di depan ada pasangan cowok-cewek (mungkin mahasiswa atau karyawan muda) yang duduk berdempetan mesra.

Si cewek yang lumayan cakep dan bertubuh "semlohei" bersender manja, seperti kucing kekenyangan, pada cowoknya. Si cowok menikmati kemesraan itu, tangannya meremas-remas tangan ceweknya. Kalau tidak ada orang lain, mungkin pasangan ini bisa berbuat lebih jauh, bukan sekadar pamer kemesraan lagi.

Sorot mata si cowok ke para penumpang lain di gerbong Commuter tidak menunjukkan rasa malu, tapi malah terkesan bangga dan menikmati sekali situasi yang "bikin iri hati" penumpang lain itu. Seolah-olah dia mau bilang: "He..he..he.. jangan salahkan aku ya, kalau aku punya pacar cantik dan sexy! Salahkan diri sendiri bahwa Anda nggak mampu menggaet cewek manis seperti milikku."

Nah, menghadapi situasi itu, apa lalu yang akan Anda lakukan? Pilih salah satu:

1) Anda samperi cowok itu dan bilang, perbuatannya yang pamer kemesraan itu tidak sopan dan tidak sesuai dengan adat ketimuran. Jadi tolong tahu diri!

2) Anda tidak menegur langsung, tetapi menyindir dengan mengajak omong penumpang lain di sebelah Anda. "Kenapa ya, sekarang in ada gejala masyarakat makin tidak tahu sopan santun dan kehilangan moralitas?" kata Anda dengan suara agak dikeraskan, biar didengar cowok itu.

3) Anda pura-pura tidak melihat, dengan membenamkan diri pada buku, majalah, atau koran yang Anda bawa, atau pura-pura sibuk mengecek e-mail dan SMS dengan gadget yang Anda bawa. Walau dalam hati Anda memaki-maki cowok-cewek itu.

4) Anda memilih cuek. Aaahh, biarkan sajalah. Memang menjengkelkan, tapi dibandingkan perbuatan para politisi koruptor yang merugikan rakyat milyaran rupiah, pamer kemesraan kan tidak merugikan. Jangan ikut campur urusan orang.

5) Langkah norak, frustrasi dan putus asa. Anda hampiri cowok itu sambil menunjukkan foto Agnes Monica, yang Anda print dari internet dan selama ini Anda simpan di dompet (karena status Anda yang selalu jomblo). Anda bilang ke cowok itu: "Ini foto pacar saya. Lumayan cantik dan sexy ya?"

(Tulisan ini dibuat setelah melalui "perenungan mendalam" dalam perjalanan di KRL Commuter Depok-Cawang)

Jakarta, 12 Juni 2013
Satrio Arismunandar

Comments

kikils said…
saya pilih nomor 3 saja..

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)