Lingkaran Setan yang Kita Hadapi Sekarang...

Karena berlarut-larutnya proses mau menaikkan harga BBM, masyarakat dan juga para mafia ekonomi sudah sibuk berspekulasi. Harga-harga barang kebutuhan sudah naik, bahkan sebelum harga BBM dinaikkan.

Karena berbagai faktor dan adanya kebutuhan impor pula, uang dollar AS sulit ditemukan padahal sangat dibutuhkan untuk transaksi, yang berujung pada jatuhnya nilai rupiah terhadap US $. Rupiah sudah jatuh, sempat tembus ke nilai tukar Rp 10.000 per dollar AS.

Dalam kondisi begini, masih punya nyalikah pemerintah SBY menaikkan harga BBM? Apalagi bulan Ramadhan sudah di depan mata, yang tanpa ada kenaikan harga BBM pun sudah pasti akan mendorong naiknya harga kebutuhan pokok. Keresahan sosial sudah membayang, dan bisa jauh lebih dahsyat dari kerusuhan di Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Saudi, yang menewaskan seorang tenaga kerja RI baru-baru ini.

Dengan terus menunda-nunda kenaikan harga BBM, keadaan kian runyam. Tapi menaikkan harga BBM sekarang juga sudah jelas runyam! Jadi ini lingkaran setan.... Tidak jelas lagi mana ujung-pangkalnya.

Sebagai rakyat kecil, saya cuma bisa berdoa. Hati-hati, doa orang-orang tertindas langsung didengar Allah SWT! Betul, rakyat mungkin tidak digebuki, tidak disiksa dengan alat strom listrik, dan bentuk penyiksaan fisik lain, tetapi cara-cara pembuatan kebijakan publik yang macam begini bisa dibilang sejenis penyiksaan juga. Bahkan dampaknya dirasakan meluas.

Jakarta, 11 Juni 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI