Barack Obama Kirim 4 Pesawat Tempur F-16 Buat Militer Mesir (yang Baru Saja Melakukan Kudeta)

Presiden AS Barack Obama mengatakan, akan tetap mengirim 4 pesawat tempur F-16 untuk militer Mesir, sesuai kesepakatan pemberian bantuan lama antara AS dan militer Mesir. Padahal militer Mesir baru saja melakukan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Mohammed Moursi, yang terpilih secara demokratis.

Pemerintah AS dengan tanpa malu-malu tidak menyebut tindakan militer Mesir itu sebagai "kudeta." Itu dilakukan untuk mengakali undang-undang AS sendiri, yang secara tegas melarang pemberian bantuan pada rezim/militer asing, yang melakukan kudeta terhadap pemerintah yang dipilih secara demokratis.

Militer Mesir, yang jenderal-jenderalnya adalah lulusan sekolah militer Amerika dan lama jadi binaan Amerika, memang beruntung. Nasib baik seperti ini tidak dialami oleh TNI, yang pernah terkena embargo militer bertahun-tahun oleh Amerika atas tuduhan pelanggaran HAM, sehingga pesawat F-16 milik TNI-AU tidak bisa terbang karena kehabisan suku cadang. Padahal dalam kasus kudeta di Mesir, jelas militer Mesir melakukan pelanggaran HAM berat, dengan membantai puluhan demonstran sipil pendukung Moursi yang tidak bersenjata.

Jakarta, 12 Juli 2013
Satrio Arismunandar.

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)