Hanya 30-40 Persen Wartawan yang Digaji Layak

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen Eko Maryadi menyebutkan hanya ada sekitar 30%-40% wartawan Indonesia yang menerima gaji layak. Kesejahteraan wartawan pun masih sangat rendah. "Artinya ada 60%-70% wartawan Indonesia yang tidak mendapat kesejahteraan yang layak. Ini ironis karena kinerja wartawan hampir setara dengan legislatif. Bahkan disebut pilar keempat negara," ujar Eko dalam rapat dengan Komisi IX DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (9/7).

Ia juga menambahkan pertumbuhan media masa kini tidak berbanding lurus dengan kesejahteraannya. "Banyak wartawan tidak digaji memadai. Pertumbuhan media televisi dan online tidak sejajar dengan kesejahteraan wartawan," tambahnya.

Eko menyebut, kesejahteraan wartawan berada di titik nadir. "Kesejahteraan wartawan di titik nadir. Bahkan, di kampus-kampus, jurusan jurnalistik sudah tidak diminati lagi. Mengapa? Karena mereka melihat wartawan itu miskin! Siapa yang mau anaknya atau menantunya berprofesi wartawan dan miskin?" tutupnya. (Metrotvnews.com)

Jakarta, 10 Juli 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI