Peringatan dari Allah SWT untuk Kita Semua yang Masih Hidup

Menjelang bulan puasa 2013 ini, setidaknya ada tiga orang yang saya kenal dan cukup dekat meninggal dunia. Mulai dari pengasuh saya yang menjaga sejak kecil, tetangga saya satu RT yang saat subuh sering bertemu di masjid, lalu teman aktivis era 1980-an yang dulu gigih melawan rezim Soeharto lewat aktivitas pers mahasiswa.

Ketika orang-orang yang dekat itu meninggal, mau tak mau saya jadi terpikir, apakah ini bukan semacam pertanda atau peringatan buat saya juga (yang kini sudah berusia di atas 50 tahun)? Apalagi kematian tidak memandang usia. Dari yang meninggal itu, ada yang lebih muda dari saya. Saat kematian datang, kita tidak bisa menolak, siap atau tidak siap.

Mungkin Allah SWT masih sayang pada kita, sehingga mengingatkan untuk membuat persiapan-persiapan menyambut kematian yang entah kapan tapi pasti terjadinya. Perjalanan akhirat itu sangat jauh dan panjang, sedangkan perbekalan dan persiapan kita sangat minimal. Semoga Allah SWT memperkuat dan selalu melindungi kita semua. Amiinnnn.....

Senin, 8 Juli 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI