Syarifa Amira (Rifa), Putri Saya yang Penggemar UFO dan Aliens

Hari minggu, 14 Juli 2013, saya dan istri mengantar putri saya nomor 2, Syarifa Amira, ke pesantrennya di Anyer, Banten. Rifa naik ke kelas II SMP sehingga pindah asrama, dari asrama Fatimah ke asrama Ruqoyyah. Selain membawa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk sampai 2 minggu mendatang (menjelang Idul Fitri, pesantren akan libur lagi), Rifa membawa buku-buku buat bacaan.

Selain Al-Quran yang bacaan wajib, dia meminjam buku-buku saya berbahasa Inggris, yang mungkin agak "tidak lazim" untuk siswa kelas II SMP. Yaitu, buku tentang fenomena UFO dan aliens, seperti UFO Encyclopedia, Gulf Breeze Sightings (laporan penampakan UFO), Dimensions (penculikan manusia bumi untuk eksperimen dan mutilasi hewan ternak oleh yang diduga aliens), Area 51 Roswell (lokasi rahasia pesawat UFO yang jatuh dan disembunyikan militer AS).

Saya memang hobi mengkoleksi buku-buku macam itu (misteri piramid, UFO, aliens, rahasia peradaban kuno, segitiga Bermuda, Atlantis, dan sebagainya).

Dari empat anak saya, tampaknya Rifa mewarisi sifat saya yang suka pada "hal-hal yang tidak lazim" macam itu. Dia juga hobi dengan berbagai hal yang menyangkut purbakala, mulai dari makhluk-makhkuk purba (dinosaurus, stegosaurus, T-rex, dan sebagainya) sampai kisah penggalian makam kuno Mesir, misteri mumi, dan semacam itu.

Istri saya sempat marah-marah ketika Rifa bilang pada mamanya, bahwa ia bercita-cita ingin jadi "peneliti fosil." Kalau saya sih biasa saja mendengar omongan itu, dan saya juga bukan tipe ayah yang terlalu mengarahkan anak saya mau jadi apa. Yang penting dia serius menyukai profesi atau pekerjaannya nanti, bukan setengah-setengah.

Tetapi memang mayoritas orang tua lebih senang profesi "yang pasti-pasti saja" untuk anaknya, seperti jadi dokter, insinyur, akuntan, ekonom, pengacara, dan semacam itu. Kalau ingin jadi "ahli paleontologi," seperti kata Rifa, sedikit-banyak pastinya akan membuat alis mamanya berkerut... ha..ha...ha...

Jakarta, Juli 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)