Konvensi Capres Partai Demokrat = Pesta di Kapal yang Mau Tenggelam?

Konvensi capres Partai Demokrat yang akan diselenggarakan Agustus 2013 itu ibaratnya bikin pesta meriah di kapal besar Titanic yang mau karam. Biar para penumpang diberi kamar mewah, dikasih makanan enak, dan dihibur musik merdu, semua akan sia-sia ketika kapal tenggelam sesudah menabrak gunung es.

Jika tertangkap tangannya petinggi SKK Migas Rudi Rubiandini dengan tuduhan terima suap merembet ke Menteri ESDM Jero Wacik, yang saat ini jadi tokoh Partai Demokrat, citra Demokrat yang sudah terpuruk akan makin hancur. Padahal Demokrat sudah bertubi-tubi tersungkur karena kasus korupsi para petingginya, mulai dari Angelina Sondakh, Nazaruddin, Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan entah siapa lagi.

Tujuan memanfaatkan momen konvensi untuk mengangkat citra partai justru kontraproduktif saat ini. Repotnya, SBY memang sudah kehabisan opsi, tak tahu lagi apa strategi jitu yang bisa digunakan untuk mengangkat citra partai. Semua langkah seperti mati angin.

Tetapi ini mungkin memang "hukum karma" atas perilaku para elite politik Partai Demokrat sendiri, yang selama ini bergelimang korupsi di balik slogan indah "kesantunan dalam berpolitik."

Jakarta, 15 Agustus 2013

Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)