Joke Politik - Selera Diplomat Perancis, Jerman, dan Amerika tentang Mobil

Alkisah terjadilah pertemuan antara tiga diplomat dari negara sahabat/sekutu NATO di sebuah kafe di Paris, yaitu antara diplomat Perancis, Jerman, dan Amerika. Setelah bicara macam-macam soal politik, mereka beralih ke pembicaraan lebih santai soal mobil masing-masing. Rupanya mereka memiliki lebih dari satu kendaraan dan menggunakannya secara berbeda untuk tujuan yang berbeda.

"Saya di dalam negeri biasa naik Renault, tapi kalau ke luar negeri saya naik Peugeot," ujar diplomat Perancis. Di Eropa memang mudah ke luar negeri dengan naik mobil, karena jarak antar negara Eropa Barat relatif dekat, jalur jalan rayanya juga bagus, dan menyatu dalam satu benua.

"Kalau saya untuk di dalam negeri naik Audi, tetapi kalau ke luar negeri naik BMW," sambung diplomat Jerman.

"Saya sih di dalam negeri biasa pakai Chevrolet," ujar diplomat Amerika.
"Lho, kalau ke luar negeri lalu naik apa?" tanya diplomat Perancis dan Jerman.

"Oh, saya sudah biasa jalan darat ke Afganistan, Irak, Libya, dan bulan depan rencananya mau ke Suriah. Naik apa? Ya naik Tank dong," ujar diplomat Amerika sambil tersenyum.

(Diadaptasi dari humor Cina tentang orang Rusia)

Jakarta, 19 September 2013
Satrio Arismunandar

Comments

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI