Posts

Showing posts from March 22, 2013

Bertemu Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, di Kereta Commuter

Image
Pagi ini saya berangkat dari rumah di Depok ke tempat kerja, kampus Kwik Kian Gie School of Business (Sunter). Naik KA commuter dari stasiun Depok Baru ke arah Jakarta Kota. Biasanya saya akan turun di stasiun Cawang, lalu dari sana naik bus Patas 89 jurusan Tanjung Priok, turun di Sunter dan tinggal jalan kaki sebentar ke kampus.

Eh, menjelang sampai stasiun Cawang, saya lihat kok ada pria pakai kaos putih sederhana dan topi yang agak menutupi wajah, berdiri di samping saya. KA waktu itu cukup penuh penumpang. Jenggot si pria yang keputih-putihan itu mengingatkan saya pada teman lama, Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK yang sudah saya kenal lama sejak jadi aktivis LBH Jayapura.

Awalnya, saya ragu-ragu untuk menegur, takut salah orang. Tapi ternyata memang benar dia. Kutanya, bukannya ada mobil dinas dari KPK? Bambang menjawab sambil tersenyum merendah, "Yaahh... saya berusaha sesedikit mungkin menggunakan fasilitas kantor."

Dia bilang, akan turun di stasiun Manggarai, …

Peran Jurnalis Muda, Jurnalis Madya, dan Jurnalis Utama di Redaksi (Uji Kompetensi Jurnalis)

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Berdasarkan panduan dari Dewan Pers, pembagian jurnalis muda, madya, dan utama lebih didasarkan pada "jam terbang," yakni berapa lama seseorang menjalani profesi sebagai jurnalis. Untuk jurnalis muda, masa kerja di bawah 6 tahun. Jurnalis madya, antara 6 sampai 12 tahun. Sedangkan jurnalis utama, sudah bekerja di atas 12 tahun.

Meski tidak mutlak, biasanya yang masuk kategori jurnalis muda adalah reporter, camera person, fotografer, yang lebih banyak bertugas di lapangan. Yang masuk kategori jurnalis madya adalah redaktur, wakil redaktur, producer, associate producer, koordinator peliputan, kepala bagian riset keredaksian. Sedangkan jurnalis utama biasanya sudah menjabat redaktur pelaksana, pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi, kepala divisi pemberitaan, wakil kepala divisi pemberitaan, dan produser eksekutif.

Makin tinggi posisi seorang jurnalis di hirarki organisasi pemberitaan, tanggung jawab mereka makin banyak bersifat manajerial dan pen…

Merancang Materi dan Desain Berdasarkan Platform Media (Uji Kompetensi Jurnalis)

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Merancang materi dan desain pemberitaan adalah kompetensi yang diujikan dalam Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ). Perancangan materi dan desain pemberitaan meliputi beberapa komponen. Meskipun dalam bentuk praktis ada perbedaan platform media (cetak, elektronik, online), komponen-komponen ini pada dasarnya sama.

Dalam uji kompetensi jurnalis, materi ini harus dilakukan per kelompok yang idealnya mewakili unsur jurnalis muda, madya, dan utama. Masing-masing dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda, namun membentuk satu kesatuan terpadu dan kerjasama tim, sebagaimana layaknya kerja jurnalistik di dunia nyata. Kerja jurnalistik pada dasarnya adalah kerja kolektif, meskipun setiap individu memiliki ruang kreatif tersendiri dalam berpartisipasi.

Komponen pertama adalah konten berita atau materi. Konten berita atau topik-topik liputan yang dipilih untuk diberitakan dipengaruhi oleh segmen audiens yang dituju. Pilihan berita untuk media nasional, jelas berbeda deng…

Pengambilan Keputusan (Decision Making) dalam Organisasi

Image
Definisi Decision Making (Pengambilan Keputusan)

Menurut Colquitt (2011), "decision making refers to the process of generating and choosing from a set of alternatives to solve a problem." (pengambilan keputusan merujuk ke proses membangkitkan dan memilih dari seperangkat alternatif untuk memecahkan persoalan).[ Colquitt, Jason A., Jefferey A. LePine, & Michael J. Wesson. 2011. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. Second Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin. Hlm. 259.]

Ditambahkan oleh Colquitt, semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki karyawan, semakin besar pula kemungkinannya mereka akan membuat keputusan yang akurat dan mantap.

Menurut Rose, sebagaimana dikutip dalam Teale (2003), decision making atau pengambilan keputusan adalah: "Acts of choice between alternative courses of action designed to produce a specified result, and one made on a review of relevant information guided by explicit criteria&quo…

Politik Organisasi (Organizational Politics) dan Dampaknya Pada Kinerja

Image
Definisi Politik Organisasi (Organizational Politics)

Menurut Colquitt, "Politik organisasi dapat dipandang sebagai tindakan-tindakan oleh individu, yang diarahkan pada tujuan memperjuangan kepentingan diri sendiri."[ Colquitt, Jason A., Jefferey A. LePine, & Michael J. Wesson. 2011. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. Second Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin. Hlm. 460.]

Meskipun umumnya terdapat persepsi negatif terhadap politik, penting dicatat bahwa definisi ini tidak lantas berarti memperjuangkan kepentingan diri sendiri pasti bertentangan dengan kepentingan perusahaan.

Seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mendesakkan gagasan dan mempengaruhi pihak lain lewat penggunaan politik organisasi. Riset akhir-akhir ini mendukung anggapan bahwa agar bisa efektif, seorang pemimpin dalam derajat tertentu wajib memiliki keterampilan politik.

Keterampilan politik (political skill) adalah kemampuan untuk secara efektif me…