Posts

Showing posts from April 3, 2013

Saya Tidak Percaya Konsep Quality Time (Kebersamaan Orangtua dan Anak)

Image
Untuk bisa dekat dengan anak, Anda harus meluangkan waktu untuk mereka, tidak ada cara lain. Mengajak ngobrol, jalan-jalan, nonton film anak bersama, bermain bersama. Susah jadi akrab dengan anak, apalagi jika mereka masih kecil, jika Anda terlalu sibuk dengan urusan lain.

Ada yang membantah sinyalemen itu dengan pernyataan: "Yang penting bukan lamanya interaksi dengan anak, tetapi quality time, kualitas kebersamaan."

Oke. Tapi saya bisa balik tanya, jika Anda cuma punya waktu 15 menit dengan anak tiap hari (apalagi jika anak sudah kecapekan, ngantuk, tidur, atau buru-buru mau berangkat sekolah), kualitas kebersamaan macam apa yang bisa kita peroleh dari interaksi kilat macam itu? Apalagi ketika berinteraksi dengan anak, kepala Anda masih setengah dipenuhi dengan urusan kantor. Anda seperti hadir di depan anak, tetapi sebenarnya "sedang berada di tempat lain"...

Satrio Arismunandar
HP: 081286299061


Butuh Tulisan untuk Majalah Ilmiah-Populer Bisnis dan Manajemen

Image
Kepada Yth.
Para kolumnis/akademisi/praktisi bisnis/rekan-rekan lain

Dengan hormat,

Saya saat ini diminta oleh sebuah PTS untuk merintis penerbitan majalah ilmiah populer bisnis dan manajemen. Majalah yang sedang dirintis dan rencananya akan bisa diakses masyarakat luas ini (bukan cuma untuk internal), akan berisi liputan dan artikel-artikel yang menyangkut bisnis, manajemen, finance, pasar modal, teknologi informasi/komunikasi, kewirausahaan, ekonomi makro, resensi buku, dll.

Untuk persiapan penerbitan edisi perdana majalah tersebut, kami sangat mengharapkan kontribusi artikel dari Anda sekalian.

Adapun persyaratan tulisan adalah sbb:

1. Tema/topik tulisan relevan dengan topik-topik yang sudah saya sebutkan di atas (menyangkut bisnis/manajemen). Jadi, jika menulis soal teknologi informasi, misalnya, bukan teknis teknologi tetapi tetap dalam perspektif bisnis/manajemen.

2. Jika menulis topik yang terkait dengan tren atau isu tertentu (current affairs), karena majalah ini rencananya…

Kurikulum 2013 dan Paradigma Belajar Abad 21

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pemerintah Indonesia akan menerapkan kurikulum baru tahun ini, untuk pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, yang kita kenal sebagai kurikulum 2013. Telah muncul pro-kontra di kalangan pendidik dan masyarakat tentang sejumlah aspek dalam penerapan kurikulum 2013. Tulisan ini tidak ingin masuk ke arena pro-kontra tersebut, tetapi ingin menggarisbawahi bahwa perubahan kurikulum pada dasarnya adalah suatu keniscayaan, karena telah terjadinya pergeseran paradigma belajar abad 21.

Perubahan dan pembaruan kurikulum harus dipahami sebagai hal yang biasa, karena kurikulum memang harus selalu bersifat adaptif. Kurikulum harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, tuntutan kebutuhan, serta tantangan, yang selalu berubah sesuai perkembangan zaman. Abad 21 telah menghadirkan berbagai perubahan lingkungan yang mendasar, yang menuntut adaptasi tersebut.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sendiri tampak telah menyadari terjadinya pergeseran p…

Kucing-kucingan dengan Allah

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Presiden pertama Indonesia, Bung Karno, pernah mengecam keras perilaku sebagian umat Islam, yang pada masa itu menurutnya sangat tidak pantas, karena memanipulasi aturan dan ajaran Islam. Kritik keras Bung Karno itu dituangkan dalam artikel berjudul "Islam Soontooloojoo" (baca: Islam Sontoloyo), yang pernah dimuat di majalah Pandji Islam (1940), dan lalu diterbitkan sebagai bunga rampai dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi.

Judul tulisan Bung Karno memang terkesan "provokatif," tetapi mohon jangan salah paham. Dalam artikel itu, Bung Karno, yang adalah pengikut Muhammadiyah, sama sekali bukan mau mengritik Islam, tetapi ia mengritik sebagian penganut Islam, yang menurut beliau mempermainkan aturan-aturan agama untuk kepentingannya sendiri. Yakni, mereka yang memanipulasi aturan keagamaan untuk mencari pembenaran bagi perilaku mereka yang menyimpang.

Sebagai contoh, Bung Karno menyebutkan sebuah fenomena di sebuah daerah di Jawa Barat. Pad…