Posts

Showing posts from April 5, 2013

Dark Justice, Inikah yang Akan Muncul di Negeri Kita?

Image
Di layar TV kita dulu ada film seri ini. Kisah seorang hakim yang karena keterikatan pada hukum atau sistem legalistik formal, terpaksa harus membebaskan penjahat-penjahat yang memang benar penjahat, tetapi tidak bisa dihukum karena kurang bukti, atau bukti yang cacat, atau sebab-sebab lain.

Pada siang hari, si hakim tampil senagai "tokoh putih" yang patuh hukum. Tetapi di malam hari, ia tampil berbeda sebagai "tokoh gelap" yang berusaha menegakkan keadilan dengan cara-caranya sendiri. Ia mengubah penampilan total. Tampil sebagai cowok kekar berambut gondrong, berjaket kulit hitam, mengendarai sepeda motor bermesin besar, dan mengejar bajingan-bajingan yang selama ini lolos dari kejaran hukum karena keterbatasan peraturan formal.

Jangan sampai, negara kita memunculkan figur-figur semacam ini, karena peraturan hukum formal terbukti gagal menjerat leher penjahat-penjahat besar, yang sekarang malang melintang tanpa tersentuh hukum.

Saya paling suka ungkapan yang s…

Efek Lanjut yang Mengerikan, Dari Pembunuhan 4 Preman oleh Oknum Kopassus di Yogya

Image
Sebelumnya, harus dijelaskan bahwa komentar ini tidak untuk membenarkan tindakan main hakim sendiri, membunuh orang tanpa proses hukum yang benar. Tetapi saya mau menunjukkan, logika hukum formal tidak selalu sejalan (bahkan kadang-kadang bertentangan) dengan logika keadilan versi rakyat. Apalagi dalam situasi-kondisi luar biasa, di mana negara terasa tidak hadir, kejahatan narkoba, korupsi, aksi premanisme merajalela di mana-mana tanpa hukuman, sedangkan rakyat merasa tertekan oleh beban kehidupan yang makin berat (walau pemerintah SBY selalu menggembar-gemborkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi).

Misalnya, atas tewasnya 4 preman di Lapas Cebongan Yogya yang dieksekusi oleh oknum Kopassus, sebagian rakyat akan berkomentar: "Ya, main bunuh seenaknya itu memang salah. Tapi biarlah, yang dibunuh itu toh juga preman, yang suka memeras para pedagang kecil dan memalak rakyat. Hidup kita sudah susah, kok masih dipalak juga...."

Nah, dengan pemahaman terhadap "situasi batin ra…