Posts

Showing posts from May 16, 2013

Seminar Nasional - Redenominasi dan Upaya Penguatan Rupiah (Siaran Pers)

Image
SIARAN PERS:

Seminar Nasional
“REDENOMINASI DAN UPAYA PENGUATAN RUPIAH”

Kamis, 23 Mei 2013
Auditorium Kwik Kian Gie School of Business


Depresiasi rupiah merupakan salah satu tantangan terberat yang menghadang ekonomi makro Indonesia dua tahun mendatang. Neraca Perdagangan yang defisit, cadangan devisa yang menurun, potensi inflasi tinggi, beban utang, pesta demokrasi 2014 dan fakta bahwa arus masuk dana asing yang didominasi oleh hot money, bisa menjadi pelatuk kerontokan rupiah lebih jauh.

Penurunan berkelanjutan tersebut sangat serius. Boleh jadi ia merupakan gejala transmisi krisis global yang merembes ke dalam perekonomian Indonesia. Namun itu tidak bisa dijadikan dalih, karena salah satu target ekonomi Indonesia adalah tetap menjaga pertumbuhan yang sehat di tengah tren global yang tidak menguntungkan. Jangan lupa, sejarah membuktikan, krisis ekonomi bermuasal dari krisis keuangan, dan salah satu bentuk krisis keuangan yang paling parah adalah hilangnya kepercayaan terhadap mata…

Jurnalisme Itu Seperti Mengupas Bawang

Image
"Jurnalisme itu seperti mengupas bawang!" Demikian dikatakan seorang tokoh dalam film serial Remington Steele. Suatu masalah dikupas, lalu dikupas lagi, digali lagi, dikupas lagi, digali lagi, dikupas lagi, dan berulang-ulang teruuusss begitu.

Sampai akhirnya, ketika semua lapisan sudah habis dikupas, apa yang Anda peroleh? Kosong. Tidak ada apa-apa di dalamnya.


Jakarta, 16 Mei 2013
Satrio Arismunandar

Tiga Tingkatan Kesabaran (Akhlak), Ketika Mobil Anda Ditabrak Orang Lain

Image
Insiden lalu lintas, mulai dari serempetan sampai tabrakan, bukan hal yang aneh terjadi di kota-kota besar, yang lalu lintasnya sangat padat seperti Jakarta. Nah, jika suatu ketika mobil Anda ditabrak oleh mobil orang lain di jalan, hal ini tentu bukan insiden yang disengaja (siapa sih yang ingin sengaja menabrak atau suka mobilnya ditabrak?). Tetapi, dalam situasi itu, bagaimana cara Anda bereaksi terhadap insiden itu menunjukkan tingkatan kesabaran atau seberapa mulia akhlak Anda.

Tingkatan pertama, adalah tingkatan kesabaran yang biasa/proporsional. Tidak tercela, tetapi juga tidak luar biasa. Ketika mobil Anda tertabrak, Anda tentu berhak minta ganti rugi pada si penabrak (walau dia tidak sengaja). Nah, dalam kasus ini Anda minta ganti rugi persis sebesar biaya perbaikan mobil yang harus dikeluarkan, tidak lebih satu sen pun.

Hati-hatilah, dalam situasi ini awalnya Anda adalah korban. Namun, bisa muncul bujukan setan sehingga sang korban pun tergoda untuk melakukan kedzaliman. M…

Anak Sangat Haus Pelukan dan Kasih Sayang

Image
Anak sangat membutuhkan kasih sayang, dan pelukan merupakan ekspresi kasih sayang. Anda mungkin akan merasa lebih jelas akan arti kasih sayang dengan melihat foto ini. Ini adalah seorang bocah Irak yang tinggal di panti asuhan, karena kedua orangtuanya sudah meninggal. Mungkin akibat konflik berkepanjangan di negeri itu pasca invasi Amerika ke sana, entahlah.

Anak ini begitu haus kasih sayang ibu (yang tidak lagi diperolehnya), sehingga ia menggambar figur seorang ibu dan lalu tidur di "dekapan penuh kasih sayang" dari gambar ibu yang ia bikin sendiri itu.... Mengharukan sekali.

Saya pernah mendengar kisah mirip ini dari ibunda saya, ketika beliau mengunjungi Yayasan Sayap Ibu, sebuah yayasan independen di Jl. Barito II No.55, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Yayasan ini mengasuh, merawat, mendidik, menyantuni, serta memberikan masa depan bagi anak-anak terlantar. Baik yang tidak diketahui siapa orangtuanya (banyak anak hasil hubungan gelap yang ditinggal di rumah sakit, a…