Posts

Showing posts from May 19, 2013

Kepentingan Amerika dan Prospek Bangkitnya "Nasakom Baru" di Indonesia

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Banyak kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belakangan ini merasa gusar, karena merasa dipojokkan secara berlebihan di media. Mereka menuding telah terjadi "konspirasi Amerika, Australia, kaum Zionis, sekuler, dan kelompok anti-Islam di Indonesia," dalam merebaknya kasus suap terkait kuota daging impor, yang menghantam keras PKS. Tudingan mereka yang terkait dengan AS bukannya tanpa alasan, tetapi tudingan itu hanya mengangkat sebagian kebenaran.

Ada banyak hal yang belum terungkap tentang kepentingan AS di Indonesia, dan kekhawatiran AS tentang prospek ancaman terhadap kepentingannya tersebut. Secara umum, Indonesia adalah aset penting bagi AS dalam konstelasi global saat ini. Posisi geografis Indonesia, yang berada di antara dua benua dan dua samudera, sangat strategis buat lalu-lintas pelayaran dan tanker minyak. Sumberdaya alam yang banyak, dan jumlah penduduknya yang besar sebagai pasar, tidak bisa diabaikan.

Status Indonesia sebagai negara d…

Antara PKS dan Ikhwanul Muslimin

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Panggung politik Indonesia minggu-minggu terakhir ini kembali “dimeriahkan” dengan geger kasus korupsi, yang menimpa para elite partai politik. Setelah Partai Demokrat menjadi bulan-bulanan di media massa akibat kasus korupsi Hambalang, kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terkena imbas kasus suap terkait kuota daging impor.

PKS dihantam oleh isu korupsi, dengan tuduhan bahwa Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) mencoba mempengaruhi kader PKS di pemerintahan, Menteri Pertanian Suswono, untuk mengatur kuota daging impor demi perusahaan swasta tertentu. Sesudah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak cepat, membuat LHI ditahan, para petinggi PKS lain pun mulai diperiksa. Bahkan, Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin --yang dianggap sebagai tokoh kunci di belakang setiap kebijakan strategis PKS-- juga diperiksa.

Ini suatu ironi, karena PKS menjadi besar sebagian disebabkan semangat antikorupsi yang ditserukan oleh para elite PKS dalam setiap kam…