Posts

Showing posts from June 26, 2013

Kereta Api Terakhir ke Surga (Kisah Hikmah)

Image
Pagi ini, ketika berangkat ke kantor naik KRL Commuter, dari stasiun Depok Baru ke Cawang, saya melihat seorang anak muda. Perawakannya sedang, biasa saja, berkaos T-shirt dan berkacamata. Tampaknya mahasiswa, karena dia nemakai jaket hitam bertulisan “Fisika UI”.

Sepanjang perjalanan, sambil berdiri dia asyik dengan gadgetnya, tidak tengok kiri-kanan. Saya lirik, terlihat tulisan beraksara Arab. Ternyata dia lagi membaca Al-Quran di gadget itu, yang mungkin sudah dia download secara digitral.

Saya lalu membayangkan, ini suatu “khayalan mistis,” bagaimana jika seluruh gerbong rangkaian kereta ini berisi orang yang semuanya sibuk berdoa, berdzikir, bertasbih, bertahmid, bertakbir, bersholawat, dan membaca Al-Quran. Wah, jangan –jangan ini kereta yang sedang menuju surga! Sedangkan saya, mantan wartawan yang kebetulan ada di situ, ikut terangkut ke surga juga dong..he..he..he…

Soalnya, pernah ada yang bilang bahwa orang dinilai dari lingkungan tempat dia mangkal. Jadi, jika Anda kare…

Joke Politik - Soal Perang Indonesia Vs Malaysia-Singapura

Image
Alkisah terjadi perang antara negara ASEAN dipicu perebutan pulau-pulau kecil di perbatasan, antara RI melawan gabungan Singapura-Malaysia. Pada perang hari pertama, Indonesia terdesak. Karena kedekatan jarak, pesawat tempur canggih F-15 Singapura dan F-18 Hornet Malaysia berhasil membom kilang-kilang minyak di Riau.

Panglima TNI pun membuat pernyataan pada media: "Pesawat Malaysia dan Singapura benar sudah membom basis industri migas kita di Riau,. tetapi rakyat harap tenang. TNI tidak akan tinggal diam. Pesawat tempur Sukhoi Su-27 dan Su-30 kita akan melakukan pembalasan setimpal ke wilayah mereka."

Ucapan Panglima TNI itu disiarkan meluas dan langsung di seluruh jaringan TV nasional, untuk meningkatkan semangat dan moral kejuangan para prajurit TNI dan warga masyarakat.
Hanya 15 menit sejak membuat pernyataan itu, tiba-tiba seorang ajudan menghadap dan menghormat ke Panglima TNI. "Maaf, Pak. Ada telepon dari Bapak Presiden. Urgent. Mohon segera diterima!"

Mengir…

Wajar, kan? (Joke tentang Kenaikan Harga BBM)

Image
Pagi ini ketika Paijo berangkat naik angkot ke stasiun, oleh kenek dia diminta bayar Rp 4.000. Padahal tarif angkot biasanya Rp 2.500. Jawab si kenek: “Yaaah, harga BBM kan sudah naik. Jadi jika tarif angkot Rp 4.000, wajar kan?”

Dari stasiun Cawang, karena kehabisan bus arah Tanjung Priok, Paijo terpaksa naik omprengan ke kantornya di Sunter. Tarif omprengan biasanya Rp 5.000 sampai Rp 6.000. Namun kali ini si pemilik mobil omprengan minta Rp 7.500. Ujar si sopir: “Maklum deh, Pak. Harga bensin kan udah naik, jadi tarif saya naikkan jadi Rp 7.500. Wajar kan?”

Sampai di kantor, “boss” sekolah swasta tempat Paijo bekerja bikin pengumuman. Kata pimpinan sekolah: “Mulai hari ini dan seterusnya, tugas luar kota dibatasi. Fasilitas kue dan aqua gelas, untuk dosen yang bertugas menjaga ujian, juga ditiadakan. Kita perlu menghemat, karena harga BBM naik. Wajar kan?”

Malam itu, Paijo ada janji kencan dengan pacarnya di daerah sekitar Senayan. Ketika bertemu, sang pacar --yang berwajah mirip a…