Posts

Showing posts from July 17, 2013

Shalawat, Salam, dan Doa untuk Nabi Muhammad SAW

Image
Shalawat, Salam, dan Doa untuk Nabi Muhammad SAW

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak orang yang memberi shalawat padanya
Dan sebanyak orang yang tidak memberi shalawat padanya

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak ikan-ikan, hewan, dan tumbuhan yang pernah hidup di bumi ini

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak sel-sel dari makhluk-makhluk hidup tersebut

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak bintang-bintang yang ada di langit

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak atom-atom yang membentuk benda-benda langit tersebut

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebagaimana yang sepantasnya dan secukupnya untuk beliau

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad
Sebanyak pintu-pintu rezeki yang Engkau bukakan

Ya Allah, berilah tempat kedudukan dan derajat yang tertinggi untuk Nabi Muhamma…

Inilah Contoh Lingkaran Setan (Soal Upah Buruh & Harga)

Image
Presiden KSPI yang juga Sekjen KAJS Said Iqbal menyatakan, dalam menyikapi turunnya daya beli buruh 30 persen akibat kenaikan harga BBM dan diperparah dengan inflasi yang meningkat tajam, serta akibat mahalnya harga-harga barang pada saat Ramadhan, lebaran, Natal dan Tahun Baru, maka serikat pekerja akan memperjuangkan kenaikan upah minimum 2014 adalah sebesar 50 persen.....

Komentar saya:
Inilah contoh "lingkaran setan." Dengan alasan upah buruh naik 50 persen (dan karena pengusaha diporotin/diperas terus oleh para pejabat/penguasa korup), pengusaha akan menaikkan harga jual produknya ke konsumen. Mereka tak mau rugin dong...

Akibatnya, harga-harga barang pun naik (dan buruh --yang juga termasuk konsumen-- harus membayar harga lebih mahal). Dalam prosesnya kemudian, dengan alasan harga-harga sudah naik, terus buruh akan minta upahnya dinaikkan lagi. Upah naik, dan pengusaha pun lalu menaikkan lagi harga jual produk-produknya. Dan begitulah seterusnya.... menjadi lingkaran s…

Istri Saya di Tempat Wisata

Image
Istri saya Yuliandhini kadang-kadang suka nggak sadar bahaya kalau lagi keasyikan di tempat wisata. Banyak makhluk buas di mana-mana. Namun, seganas-ganasnya ikan hiu di laut, masih lebih berbahaya buaya darat...he...he...he...

(Ini adalah foto yang dipulas dengan photoshop oleh putri saya, Syarifa Amira, yang baru naik ke kelas II SMP di pesantren di Anyer).

Jakarta, 17 Juli 2013
Satrio Arismunandar

Syarifa Amira (Rifa), Putri Saya yang Penggemar UFO dan Aliens

Image
Hari minggu, 14 Juli 2013, saya dan istri mengantar putri saya nomor 2, Syarifa Amira, ke pesantrennya di Anyer, Banten. Rifa naik ke kelas II SMP sehingga pindah asrama, dari asrama Fatimah ke asrama Ruqoyyah. Selain membawa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk sampai 2 minggu mendatang (menjelang Idul Fitri, pesantren akan libur lagi), Rifa membawa buku-buku buat bacaan.

Selain Al-Quran yang bacaan wajib, dia meminjam buku-buku saya berbahasa Inggris, yang mungkin agak "tidak lazim" untuk siswa kelas II SMP. Yaitu, buku tentang fenomena UFO dan aliens, seperti UFO Encyclopedia, Gulf Breeze Sightings (laporan penampakan UFO), Dimensions (penculikan manusia bumi untuk eksperimen dan mutilasi hewan ternak oleh yang diduga aliens), Area 51 Roswell (lokasi rahasia pesawat UFO yang jatuh dan disembunyikan militer AS).

Saya memang hobi mengkoleksi buku-buku macam itu (misteri piramid, UFO, aliens, rahasia peradaban kuno, segitiga Bermuda, Atlantis, dan sebagainya).

Dari em…

Percakapan Anak Saya, Rifa, dan Istri Saya

Image
Ini peristiwa dalam perjalanan dengan mobil, dari Depok menuju Anyer, saat saya dan istri mengantar putri saya, Syarifa Amira (Rifa) ke pesantrennya, hari Minggu (14 Juli). Istri saya memulai percakapan soal puasa: "Puasa bulan ini enak ya? Banyak hujan turun, jadi tidak panas. Puasa rasanya lebih ringan..."

"Hati-hati, Mama. Banyak hujan itu justru berarti menunjukkan kekacauan cuaca. Ada global warming. Entah nanti akan terjadi apa," tukas Rifa.
"Kamu tahu dari mana semua itu?" tanya istri saya.
"Dari internet, Ma. Kan tinggal browsing saja, banyak yang bisa diketahui," jawab Rifa.

Saya diam saja, cuma berpikir-pikir. Tampaknya generasi muda sekarang akan mengalahkan orangtuanya dalam mengetahui informasi, dan beradaptsi, menyiapkan diri menghadapi masa depan.

Juli 2013
Satrio Arismunandar.

Menyimak "Gerakan Besar" untuk Menghambat Jokowi Jadi Capres 2014

Image
Saya perhatikan, saat ini banyak politisi, "pengamat" atau "peneliti survey" yang bicara seolah-olah penuh pertimbangan rasional dan balanced, seolah-olah obyektif, seolah-olah tidak punya kepentingan atau mewakili kepentingan tertentu, seolah-olah bicara untuk kebaikan Jokowi dan untuk kebaikan rakyat. Mereka bicara soal prospek Jokowi maju sebagai capres 2014.

Ada yang bilang, sebaiknya Jokowi menyelesaikan masa jabatan Gubernur DKI dulu sebelum maju sebagai capres. Ada yang bilang, Jokowi harus jadi ketua partai dulu biar punya pengalaman "berpolitik" dan "berkomunikasi dengan pemimpin-pemimpin parpol." Argumennya ada yang seolah-olah masuk akal, tetapi menurut saya lebih banyak yang terkesan dibuat-buat, artifisial, dan mengada-ada. Ada yang bilang 2014 itu jatah untuk para tokoh senior, sedangkan Jokowi sebagai yang generasi muda sebaiknya maju 2019.

Tetapi ujung-ujungnya semua politisi, "pengamat, "analis survey" itu satu ke…

Hikmah Kejujuran dan Dua Bule Nyasar (Joke Ramadhan)

Image
Alkisah ada dua bule non-muslim terdampar di gurun pasir. Sebut saja nama mereka George dan Michael. Saat hampir mati kelaparan dan kehausan yang luar biasa, tiba-tiba mereka melihat ada mata air dan sebuah masjid. Mereka bertatap muka, mencari ide.

Michael punya ide. Dia berkata: "Hai, George. Kita harus pura-pura menjadi muslim. Kalau tidak, mungkin kita ditolak masuk masjid. Aku akan mengganti namaku menjadi Mahmud." Namun Goerge menolak usul Michael. "Aku tidak mau berpura-pura menjadi orang lain. Aku tetap George," ujarnya.

Mereka lantas menuju masjid itu dengan sedikit rasa khawatir. Imam masjid ternyata menerima mereka dengan senang hati dan tak lupa menanyakan nama mereka. "Salam, wahai musafir, siapa nama Anda?" kata imam masjid, sembari berjabat tangan dengan kedua bule itu.

"Nama saya Mahmud," kata Michael.
"Nama saya George," kata George.
Imam masjid itu berkata lagi: "Silakan kalian masuk untuk berteduh dan beristira…

Hobi Baru Ahok, Bolak-Balik ke Toilet

Image
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok boleh berani, vokal, galak dan tegas, tapi di bulan puasa saat ini terlihat kelemahannya. Seperti dilaporkan koran Tempo, sekarang Ahok sering bolak-balik ke toilet.

Apa pasal? Ternyata dia lemes dan menderita sekali jika nggak makan, padahal Ahok banyak harus memimpin rapat. Tetapi mau makan di depan pegawai-pegawai DKI yang berpuasa, sebagai non-muslim, dia merasa tidak enak hati. Jadilah Ahok sering bolak-bolak ke "toilet" (yang artinya, Ahok sedang "mengisi energi").

Hobi kedua, Ahok jadi bersemangat jika diminta menggantikan atau mewakili Gubernur Jokowi, yang diundang berbuka puasa di mana-mana. Jokowi tentu tak bisa menghadiri semua undangan itu. Nah, Ahok tampak gembira banget di acara buka puasa, apalagi jika ada makanan-makanan favoritnya. Selamat bekerja dan eh.. selamat makan, Pak Ahok!

Jakarta, 17 Juli 2013
Satrio Arismunandar