Posts

Showing posts from July 29, 2013

Kisah Penyadapan SBY Oleh Intel Inggris (Joke Politik)

Image
Alkisah dalam kunjungan Presiden SBY ke Inggris, tempat penginapan SBY disadap oleh intelijen Inggris. Karena kerjasama erat intelijen Inggris dengan intelijen Australia, yang selalu ingin tahu apa yang akan dikerjakan Indonesia dalam strategi politiknya, rekaman penyadapan itu akhirnya dikirim ke Canberra. Ada staf khusus yang mencatat isi sadapan itu lalu melapor ke PM Australia, Kevin Rudd.

"Lapor, Sir. Ada hal penting dan baru yang mau dilaporkan. Hal ini bahkan belum diketahui oleh para diplomat dan pejabat RI, apalagi media Indonesia. Kita lebih dulu tahu dari mereka," ujar staf intel tersebut. Bersemangat sekali.

Kevin Rudd merasa surprise dan antusias mendengar ucapan stafnya. Dia pikir, ini pasti menyangkut politik internasional atau krisis dalam negeri Indonesia, yang bisa berdampak genting ke Australia. "Coba jelaskan, apa yang baru itu?"

"Begini, Sir. Dari hasil sadapan, di kamar Presiden SBY, kami dengar SBY menyenandungkan nada-nada tertentu. Wak…

Benarkah Tanpa Agama, Dunia Akan Damai?

Image
Ada cukup banyak orang bilang, kalau semua agama dihapuskan, dunia akan damai. Bahkan musisi top The Beatles, John Lennon, implisit juga bilang begitu dalam syair salah satu lagunya, "Imagine." Komentar saya: Pernyataan itu menarik, enak dikutip, enak dijual sebagai tema seminar, sekaligus romantis. Tetapi sayang sekali, isi pernyataan tidak benar.

Tanpa agama, dunia ini akan tetap penuh konflik karena pada dasarnya semua orang memang berbeda, punya kepentingan berbeda, dan selalu ada orang yang ingin mendahulukan kepentingannya sendiri dengan menginjak kepentingan orang lain.

Benar, tanpa agama tidak ada lagi konflik antar agama atau antar-sekte atau aliran agama. Tetapi orang akan tetap berkonflik bahkan siap perang karena rebutan harta, rebutan tanah, rebutan uang, rebutan kekuasaan, rebutan perempuan, atau rebutan laki-laki (untuk yang perempuan atau yang homo), dan seterusnya. Jangankan orang lain, kakak-beradik yang satu keluarga, satu agama, satu etnis/ras yang sama…

Penampilan Politisi dan Dua Jenis Pencitraan

Image
Rakyat Indonesia sekarang lebih senang dengan figur-figur politisi yang sederhana, apa adanya dalam penampilan. Tidak dibuat-buat. Tidak artifisial. Itu rasanya lebih pas dengan suasana zaman yang serba susah sekarang. Harga-harga kebutuhan pokok naik. Harga BBM naik. Biaya masuk sekolah dan berobat ke dokter sangat mahal.

Itulah sebabnya figur-figur seperti Jokowi, Dahlan Iskan, Ahmadinejad, Hugo Chavez, Evo Morales, Jose Mujica (Presiden Uruguay,) dan Fernando Lugo (Presiden Paraguay). Bahkan Mujica dan Lugo mendapat julukan presiden termiskin di dunia. Figur-figur semacam ini terasa lebih nyambung dengan suasana batin rakyat.

Mantan Presiden Iran Ahmadinejad yang kalau ngantor suka makan bekal sederhana, yang dimasak istrinya sendiri dari rumah, adalah salah satu contohnya. Rakyat bisa menilai, mana kesederhanaan yang asli dan mana yang dibuat-buat. Ahmadinejad sebelum jadi Presiden dan sesudah jadi Presiden, tampilannya sama sederhana. Artinya itu memang asli dari kepribadian di…