Posts

Showing posts from August 19, 2013

Sumbangan Perspektif Kristen dan Islam dalam Mengatasi Kekerasan (Terinspirasi Kasus Mesir)

Image
Ini kejadian tahun 1990-an, ketika saya masih jadi wartawan desk luar negeri di Harian Kompas. Saya pernah bertanya kepada rekan saya, seorang wartawan Kompas yang sebelumnya sempat menjadi calon pastur, tetapi akhirnya batal, menikah, dan menjadi wartawan.

Saya bertanya mengenai ungkapan terkenal, yang konon diucapkan Yesus: "Jika pipimu yang kiri ditampar, berikanlah pipimu yang kanan." Ini bukan pertanyaan buat mengetes atau meremehkan, tetapi berangkat dari keingintahuan murni saya sebagai Muslim, yang saya pikir perlu memahami bagaimana pemikiran teman dari pemeluk agama lain tentang konsep kekerasan. Saya merasa, saat itu sulit menerima ungkapan tersebut, karena bagi saya "tidak make sense."

Teman saya dengan serius menjelaskan, tidak membalas tamparan dengan tamparan itu jangan dianggap sebagai sikap pasif, tetapi harus dipahami dalam konteks "menghentikan siklus kekerasan." Kalau tamparan berbalas tamparan, akan terus menerus terjadi tampar-menamp…

Apa yang Terjadi Ketika Pembantaian Manusia Dilegalkan? (Inspirasi dari Film "the Purge")

Image
Dalam film-film laga Hollywood atau Hong Kong, kenapa ya polisi sering digambarkan selalu terlambat datang di momen-momen menentukan? Pada menit-menit terakhir film laga, ketika terjadi baku tembak atau pertarungan final antara sang jagoan dengan penjahat utama, biasanya dimenangkan oleh sang jagoan dengan susah payah. Polisi tidak hadir saat itu. Tetapi sesudah si jagoan menang dan si penjahat tewas (ini untuk memuaskan selera penonton yang sudah gemas juga, ingin melihat si bajingan itu terbunuh, syukur-syukur terbunuh dengan cara mengenaskan), barulah mobil-mobil polisi datang dengan sirine meraung-raung.

Nah, dalam konteks "pengadilan rakyat" terhadap para koruptor --kalau terjadi revolusi sosial di Indonesia-- mungkin begitu juga ya? Rakyat "dibiarkan liar" untuk menghabisi para koruptor yang sudah sangat dibenci, di BUMN, kementerian, DPR, pengadilan, dan kantor-kantor pemerintahan. Sesudah para koruptor dihabisi, barulah polisi dipersilakan datang untuk meng…