Posts

Showing posts from August 20, 2013

Penerimaan Mahasiswa Baru, Ingat OSPEK 1980 yang "Sangat Keras" di Fakultas Teknik UI

Image
Kampus tempat aku bekerja sekarang Kwik Kian Gie School of Business dan kampus UI tempatku kuliah dulu sekarang sedang melakukan acara penerimaan mahasiswa baru. Ada berbagai acara pengenalan, tetapi tidak ada perpeloncoan seperti dulu.

Aku ingat ketika masuk jurusan Elektro FTUI tahun 1980, OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) nya terkenal paling "keras" di UI. Waktu itu Ketua Senat Mahasiswa FTUI yang masih di bawah Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) UI adalah Peter Sumaryoto (jurusan Arsitektur).

Aku ingat bagaimana dulu disuruh meluncur di atas balok-balok es, sambil punggungku ditetesi lilin panas! Sesudah itu disuruh mencebur ke gentong air yang dingin karena ada esnya. Kalau bisa "lulus" dari proses itu tak heran jika mahasiswa baru FTUI merasa "paling super" karena sudah melewati OSPEK yang paling berat dibandingkan fakultas-fakultas lain.

Acara istirahat dan sholat adalah yang paling dinanti. Saat wudhu di masjid kampus, aku dan banyak te…

Gagasan Edan dan Konyol tentang "Tes Keperawanan"

Image
Nabi Muhammad SAW kurang apa sih dalam soal menegakkan akhlak umatnya? Nabi kurang apa dalam keseriusan memberantas kemaksiatan? Tetapi sejauh yang saya tahu dari riwayat dan hadist yang ada, Nabi tidak masuk terlalu jauh ke hal-hal yang sangat privat. Kecuali penyikapan yang sudah jelas untuk perempuan yang terang-terangan menjadi pelacur profesional, kita tidak pernah dengar ada tes keperawanan untuk perempuan yang tampil di publik sebagai perempuan baik-baik, bukan pelacur.

Ini perlu kita catat menanggapi heboh soal tes keperawanan (virginitas) yang diwacanakan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Wacana konyol ini mengingatkan kita pada kasus serupa pada 2010 lalu. Waktu itu tes virginitas juga sempat diwacanakan oleh anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Bayu Suseno.

Bedanya, Dinas Pendidikan Kota Prabumuli mewacanakan tes virginitas itu untuk mengatasi makin merajalelanya pergaulan seks bebas di kalangan pelajar. Sementara politisi Partai Amanat Nasional (PAN) di…