Posts

Showing posts from September 2, 2013

Perbandingan Kehebatan Superhero Amerika VS Superhero Indonesia

Image
Contoh Superhero Amerika:

SuperMan: Kebal tembakan dan bisa terbang lebih cepat dari peluru.
BatMan: Tak gentar di tempat tinggi, bisa lincah melayang dari gedung tinggi ke gedung tinggi lain, serta dilengkapi berbagai peralatan canggih.
SpiderMan: Bisa merayap di dinding serta dari telapak tangannya bisa mengeluarkan jaring seperti laba-laba.

Contoh Superhero Indonesia:

SengMan: Orang yang tidak begitu dikenal publik, namun dipercaya sebagai utusan SBY jika datang ke kantor PKS, dan diserahi Rp 40 miliar duit hasil suap impor daging sapi (menurut pengakuan Ridwan, anak Ketua Majelis Syuro PKS, dalam sidang pengadilan kasus suap impor daging sapi. Sedangkan menurut ekonom Rizal Ramli, SengMan ini sudah lama jadi beking finansial SBY).

Jakarta, 2 September 2013
Satrio Arismunandar

Kengawuran Etika Politik Pimpinan BPK, yang Ikut Konvensi Capres Partai Demokrat

Image
Cara berpikir Dr. Ali Masykur Musa sebagai salah satu pimpinan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) bagaimana sih?
Secara etis atau ETIKA POLITIK jelas tidak bisa dong, jika dia selaku salah satu pimpinan BPK --yang memeriksa potensi penyelewengan uang negara, yang antara lain melibatkan kader-kader Partai Demokrat (kasus HAMBALANG)-- kok bisa-bisanya ikut konvensi capres Partai Demokrat?

Kalau mau maju jadi capres begitu, ya mundur dulu dari BPK dong. Kacau balau semuanya. Tidak bisa dia bertindak seenaknya, sekadar untuk ikut konvensi. Komite Konvensi Partai Demokrat juga sama ngawurnya dan sama-sama tidak tahu etika.

Maunya mereka, kalau nanti Ali Masykur Musa terpilih jadi capres Demokrat, barulah mundur dari BPK. Tetapi kalau tidak terpilih, tinggal balik lagi ke BPK, seolah-olah tidak pernah terjadi ada apa-apa. Inilah kalau semua pejabat dan politisi mau enaknya sendiri. Ngawur total!

Jakarta, 30 Agustus 2013
Satrio Arismunandar.

Ciri-Ciri Unik Calon Presiden 2014

Image
Calon Presiden yang paling berapi-api dan patriotis pro-NKRI kalau berpidato: SURYA PALOH....
Calon Presiden yang masuk daftar 100 orang terkaya Indonesia: ABURIZAL BAKRIE
Calon Presiden yang paling hemat bicara: MEGAWATI
Calon Presiden yang paling pinter nyanyi: RHOMA IRAMA
Calon Presiden yang rambutnya paling putih: HATTA RAJASA
Calon Presiden yang background pendidikannya paling keren (S2 Universitas Harvard, USA): GITA WIRJAWAN
Calon Presiden yang paling dekat hubungan kekerabatannya dengan SBY: PRAMONO EDHIE WIBOWO
Calon Presiden yang sudah dianggap Presiden (the real President) ketika masih berstatus Wapres, karena tegas dalam mengambil keputusan (tidak lamban): JUSUF KALLA
Calon Presiden yang punya bisnis tambang minyak di luar negeri: PRABOWO SUBIANTO
Calon Presiden yang paling kurus dan selalu nomor satu elektabilitasnya di berbagai survey: JOKOWI

Jakarta, 29 Agustus 2013
Satrio Arismunandar

Intelijen Indonesia dalam Kancah Pertarungan Soft Power

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Indonesia tidak bisa menghindari perang asimetris, baik sebagai sasaran maupun sebagai pelaku. Maka jajaran intelijen perlu terus meningkatkan kualitas profesional SDM-nya, demi menghadapi tantangan perang asimetris, yang kini umumnya berwujud soft power.

Perang asimetris sebenarnya bukanlah wacana baru bagi komunitas intelijen Indonesia, yang dikoordinasi oleh BIN (Badan Intelijen Negara). Perang asimetris, yang kini banyak dilakukan dalam wujud soft power (kekuatan lunak), merupakan perang yang menggunakan cara-cara nonkonvensional. Karena sifatnya yang demikian itu, ia lebih sulit dideteksi dan lebih rumit cara mengatasinya. Dalam konteks inilah terlihat pentingnya peran intelijen.

Perang terbuka menggunakan persenjataan militer atau hard power (kekuatan keras) umumnya dianggap sudah kurang cocok dengan kondisi dunia sekarang, serta sangat mahal secara ekonomi. Ini bukan berarti ancaman hard power bisa disepelekan. Ketegangan militer antara Cina dengan seju…

Indonesia Sebagai Sasaran Perang Asimetris

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Indonesia saat ini menjadi target perang asimetris di berbagai sektor politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan-keamanan. Jika pemerintah tidak tanggap dan tidak serius menghadapinya, kepentingan nasional bisa terancam.

Lembaga kepolisian Indonesia, Polri, baru-baru ini terguncang. Tiga anggota polisi tewas dalam sejumlah aksi “penembak misterius” pada Juli-Agustus 2013. Jika “serangan-serangan teror” terpisah ini dilakukan secara terencana oleh “pihak yang sama,” bisa jadi ini merupakan perang asimetris yang dilancarkan pihak tertentu terhadap institusi Polri khususnya dan aparat keamanan umumnya.

Dua anggota Polsek Pondok Aren, Tangerang Selatan --Aiptu Kus Hendratno serta Bripka Ahmad Maulana-- tewas ketika sedang berpatroli malam di Jalan Graha Raya, akibat ditembak orang tidak dikenal pada 16 Agustus 2013. Lalu, rumah anggota Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Andreas Tulam, di Cipete, Pinang, Tangerang, ditembak orang tidak dikena…

Terciptanya Poros Saudi - Mesir - Israel

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Kehancuran dunia Islam di kawasan Timur Tengah akibat perang dan konflik berkepanjangan terus berlanjut. Perpecahan di antara sesama Arab sendiri praktis telah melahirkan poros informal dengan "musuh lama tapi mesra," Israel.

Bagi umat Islam Indonesia, yang masih punya sedikit saja keprihatinan terhadap nasib saudara-saudaranya di belahan Timur Tengah, seharusnya menangis. Yang dimaksud "umat Islam Indonesia" di sini bukan mewakili kubu, partai, kelompok, sekte, madzhab, atau aliran tertentu. Tetapi mereka yang pandangannya sudah melampaui sekat-sekat kepentingan sempit dan picik semacam itu.

Betapa tidak? Kita pernah melihat kehancuran parah dalam perang Irak-Iran, perang Irak melawan koalisi militer dukungan Amerika (1991) pasca invasi ke Kuwait, dan serbuan militer Amerika ke Irak (2003). Belum lagi menyebut pendudukan Rusia dan kemudian Amerika bersama sekutunya NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) di Afganistan.

Masalah Palestina, ya…

Kapal Islam Sedang Tenggelam di Timur Tengah, tetapi Penumpang Sesama Muslim Malah Sibuk Bunuh-bunuhan

Image
Saya prihatin dengan debat-debat soal politik Timur Tengah di forum facebook ini. Banyak betul kalangan yang berapi-api dalam membela dan mendukung kubu yang didukungnya. Umumnya pandangan mereka terjebak pada kepentingan terbatas dalam lingkup aliran, madzhab, sekte, kubu politik tertentu, sehingga tidak melihat peta besarnya.

Ini terlihat ketika membahas konflik di Mesir, Suriah, Libya, Palestina, dan sebagainya. Miris melihat bagaimana orang yang sama-sama mengaku Islam, sama-sama mengaku Tuhannya Allah SWT dan Rasulnya Muhammad SAW, sama-sama mengaku berpegang pada al-Quran dan hadist, gontok-gontokan, saling hujat, dan siap membunuh satu sama lain!

Cobalah belajar menempatkan diri sebagai orang luar, orang di luar konflik, dan Anda akan melihat betapa runyamnya dunia Islam sekarang. Banyak umat Islam di berbagai belahan dunia masih bodoh, miskin, terbelakang, kelaparan. Benahi hal-hal seperti itu jika Anda sebagai umat Islam ingin dihormati umat lain.

Saya malah melihat umat I…